sign up SIGN UP search

parenting

Ajak Si Kecil Memaknai Nilai Kebersamaan dalam Perayaan Natal

Safira Raudhatul   |   Haibunda Selasa, 11 Dec 2018 14:14 WIB
Berbagai hal bisa dipejajari si kecil ketika dia dan keluarganya merayakan Natal, Bun. caption
Jakarta - Perayaan Natal tiap 25 Desemberi bisa jadi momen yang dituggu sebagian besar orang. Terlebih, bagi anak-anak nih, Bun.

Terlebih, saat perayaan Natal anak-anak bisa belajar berbagau nilai termasih saling mengaisihi dan mencincati. Jadi, Natal nggak sekedar bertukar kado dan hadiah, Bun. Demikian disampaikan Dharana Moniaga, pendeta Gerja Bethel Indonesia.

"Dalam sebuah perayaan tidak harus dengan sebuah hadiah atau pohon Natal. Yang terpenting dari Natal ialah cara kita memakiani Natal dalam kehidupan kita," tutur Dharana di sela acara yang digelar Yayasan Kasih Agape di Hotel Millenium Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baru-baru ini.


Dharana menambahkan perayaan Natal nggak harus dengan sesuatu yang meriah kok, Bun. Hal terpenting, kita bisa memakinai Natal itu sendiri. Kata Dharana, perayaan Natal dapat memberi pengetahuan tentang keberadaan Tuhan.



"Mengajari anak tentang nilai agama juga bisa dengan mengajak anak berdoa, mengajari anak tentang Tuhan, termasuk melalui flash card dan buku bergambar," tambah Dharana.

Saat keluarga merayakan Natal, ada kok beberapa hal yang bisa dipelajari anak seperti dilansir Smart Parenting.

Ilustrasi NatalIlustrasi Natal/ Foto: Istock
1. Natal mengajari anak tentang Tuhan

Natal nggak sekadar tentang perayaan yang dilakukan, tapi juga maknanya untuk keluarga. Terutama untuk anak, mereka bisa mempejari beberapa nilai seperti mengasuhi, menyanyangi sesama, dan nilai-nilai tentang Tuhan.

2. Kebersamaan dalam keluarga

Natal bisa jadi momen kumpul bareng keluarga nih, Bun. Sehingga, tanpa disadari akan tercipta quality time dengan keluarga di momen Natal kali ini. Terllebih, saat Natal keluarga bisa berbagi cerita dan mendekatkann diri dengan anggota keluarga lainnya.

Nggak lupa, saat Natal kita juga bisa berbagi kasih dengan anggota keluarga kan, Bun?

3. Mengajari anak nilai kesederhanaan

Merayakan Natal nggak harus dengan sesuatu yang wah kok. Usaha menciptakan waktu berkualitas dengan keluarga bisa dilakukan dengan Bunda mengajak anak-anak bikin kerajinan tangan tertentu yang bisa diberikan ke anggota keluarga. Selain irit, hadiah sederhaa dari si kecil bisa jadi kenang-kenangan yang berharga lho, Bun.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!