parenting

Bisa Terjadi pada Anak, Kenali Leukemia yang Dialami Dian Pramana

Asri Ediyati Kamis, 27 Dec 2018 18:20 WIB
Bisa Terjadi pada Anak, Kenali Leukemia yang Dialami Dian Pramana
Jakarta - Musisi Dian Pramana Poetra dikabarkan didiagnosis leukemia atau kanker darah stadium 4. Sebelumnya Dian sering mengalami lemas tiba-tiba dan Hb (Hemoglobin) turun. Saat melakukan tes darah, diketahui jika Hb Dian hanya 4. Padahal normalnya, Hb laki-laki dewasa harus mencapai 13-17.

"Beberapa hari sebelum ke ariport sempat pingsan. Dia cerita, pas sampai airport dia lemas mulai dari situ semua anfalnya. Semua komplikasi semua, lambung kena, ginjal kena, Hb turun, terakhir kanker darah stadium empat," ujar Deddy Dhukun dikutip dari detikcom.

Gejala leukemia menjadi salah satu kata kunci yang paling dicari di mesin pencari Google pada Juli 2018 ini. Selain Dian Pramana Poetra, kisah putri Denada, Shakira pun diharapkan meningkatkan kewaspadaan orang tua terkait gejala leukemia alias kanker darah. Leukemia adalah salah satu penyakit kanker yang paling banyak dialami anak-anak.

Di fase awal, kadang leukemia sulit dideteksi. Bahkan dalam beberapa kasus ada salah diagnosis. Lalu, apa saja yang menjadi gejala leukemia yang sering diabaikan?

Bisa Terjadi pada Anak, Kenali Leukemia yang Dialami Dian Pramana/ Dian Pramana mengidap Leukemia/ Foto: dok. detikcom
Selain lemas tiba-tiba dan Hb turun, menurut dr Anky Tri Rini Kusumaning Edhy, SpA(Onk) dari RS Omni Pulomas jika anak terkena leukemia maka tubuhnya akan pucat.

dr Anky menjelaskan bagian tubuh yang paling terlihat pucat adalah telapak tangan. Lalu biasanya, bagian bibir juga akan ikut terlihat pucat.

"Kondisi seperti ini dicurigai kanker darah, ini bisa menyebar ke hati dan limfa," tutur dr Anky.

Sementara itu, dr Edi Tehuteru SpA(K) dari RS Dharmais mengatakan kalau si kecil mengalami demam berulang dalam jangka waktu lama, jangan diabaikan. Gejala lain leukemia adalah demam yang berulang dalam periode singkat.

"Kalau produksi darah putihnya kurang, anak jadi mudah infeksi yang ditandai dengan demam yang tak kunjung membaik," jelas dr Edi.

Gejala lainnya adalah sering terjadi pendarahan akibat kurangnya jumlah trombosit. dr Edi bilang saat trombosit rendah, bisa terjadi perdarahan kulit, gusi, atau mimisan. dr Edi mewanti-wanti jika menjumpai tiga gejala atau dua gejala tersebut pada anak, maka segera konsultasi ke dokter.

"Memang belum tentu kanker. Kalau memang kanker itu lebih baik karena ditemukan dini," saran dr Edi.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi