parenting

Uniknya Kebiasaan Balita Tidur Tengah Malam di Buenos Aires

Melly Febrida Selasa, 15 Jan 2019 10:03 WIB
Uniknya Kebiasaan Balita Tidur Tengah Malam di Buenos Aires
Jakarta - Anak biasanya tidur malam jam berapa, Bun? Mungkin rata-rata akan menjawab di bawah pukul 9 malam. Kebiasaan ini sepertinya tidak berlaku di Buenos Aires, Argentina.

Di sana, anak-anak justru terbiasa tidur tengah malam alias sampai jam 12 malam lho, Bun! Bukan cuma di rumah, mereka bahkan sudah terbiasa masih bepergian atau di luar rumah pada waktu tersebut.

Mei-Ling Hopgood dalam bukunya yang berjudul How Eskimos Keep Their Babies Warm (Parenting Wisdom from Around The World) menuliskan pengalamannya saat bepergian ke Argentina.


Gaya hidup dan kebiasaan di wilayah tersebut sangat bertolak belakang dengan yang biasa diterapkan orang tua pada anak. Sewaktu masih tinggal di Amerika Serikat, Mei-Ling bisa menghabiskan malam akhir pekan di bar sampai tutup pukul 2 dini hari.

Ilustrasi anak tidurIlustrasi anak tidur/ Foto: Istock
Tapi semenjak pindah ke Argentina, semua berubah, Bun. Undangan makan malam biasanya datang untuk pukul 9 hingga 11 malam, dan selesai sampai pukul 3 pagi. Setelah bertanya-tanya pada warga sekitar, dia mengetahui bahwa tidur larut malam sudah menjadi hal yang biasa di sana.



Mei-Ling menuturkan, banyak ahli tidur dan orang tua yang membuat referensi soal fakta bahwa kuncinya itu rutinitas, Bun. Orang tua yang mengaku membiarkan anak mereka begadang sering melakukannya dengan banyak penjelasan, permintaan maaf, dan rasa bersalah.

Namun jika digali lebih jauh, Mei-Ling menemukan bahwa tidak ada yang salah secara intrinsik dengan menetapkan waktu tidur yang lebih malam, jika anak-anak menebusnya dengan tidur siang, dan sebagainya.

"Selama mereka tidur yang cukup, tidak ada bedanya," kata Richard Ferber, pakar kesehatan tidur di Boston, kepada New York Times.

Saat anak kurang tidur, beberapa masalah perilaku seperti mudah marah dan hiperaktif bisa dialami oleh anak.

Sementara itu, menurut Dr dr Damayanti R. Sjarif SpA (K), Konsultan Nutrisi dan Metabolik Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI/RSCM, anak-anak usia di bawah dua tahun disarankan agar berada dalam tahapan deep sleep dari pukul 11 malam.

"Dengan deep sleep dari jam 11 malam hingga pukul 2 pagi, anak bisa terhindar dari stunting (pengerdilan)," kata Dr Damayanti seperti dikutip dari detikcom.

Menurut dr Damayanti, anak harus dibiasakan tidur sejak pukul 8 malam. Dengan masuk kamar lebih cepat, maka umumnya anak akan lebih cepat pula untuk tertidur.

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi