parenting

Ajak Anak Belajar Sains Lewat 4 Permainan Menyenangkan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 10 Feb 2019 14:59 WIB
Ajak Anak Belajar Sains Lewat 4 Permainan Menyenangkan
Jakarta - Bunda, sering nggak sih kesulitan mengajari anak tentang sesuatu hal? Itu artinya Bunda harus mengubah caranya jadi lebih mudah dimengerti anak-anak.

Misalnya saja, Bunda bisa mencoba gaya belajar dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak biasanya cenderung akan lebih tertarik mengikutinya, ketika hati bahagia.

Sarah Ockweel-Smith, dalam bukunya The Gentle Discipline mengatakan bahwa dalam mengajarkan anak sesuatu, orang tua perlu memahami perilaku anak yang kurang tepat. Selama ini wanita yang berprofesi sebagai hypnoterapis dan psikoterapis tersebut, mengamati orang tua banyak yang marah saat anaknya tidak disiplin.

"Jadi, kita sebagai orang tua memang harus memahami anak. Kadang menerima saat anak tantrum atau emosinya meledak nggak masalah. Disiplin memang perlu. Otak manusia berbeda secara dramatis dari bayi hingga remaja, bahkan dewasa, yang berarti tidak realistis mengharapkan anak-anak berperilaku sama seperti orang dewasa," ungkap Sarah.

Menghabiskan waktu bersama anak-anak menjadi cara terbaik, Bun, untuk merekatkan ikatan dengan mereka. Di saat yang bersamaan, Bunda bisa menyisipkan pelajaran atau pengetahuan tertentu sambil bersenang-senang.


Tahu nggak sih, Bun, penelitian menunjukkan kalau waktu belajar paling efektif ketika anak merasa bahagia dan tenang. Dr David Rock dari Neuroleadership Institute mengatakan, minat, kebahagiaan, dan keinginan adalah pendekatan emosi, seperti dikutip dari laman Pbs.

Pendekatan emosional pada anak-anak harus dilakukan, untuk membuat mereka tertarik terlibat dalam kegiatan yang Bunda ciptakan. Nah berikut beberapa cara yang bisa, Bunda coba di rumah untuk mengajarkan berbagai hal pada anak-anak.

4 Permainan Menyenangkan yang Bisa Ajarkan Anak Tentang SainsAnak bermain sambil belajar sains/ Foto: iStock

1. Pelajaran dari pohon
Kegiatan ini akan membantu si kecil mempelajari dasar-dasar ilmu pengetahuan alam, Bun. Bunda bisa mengajak anak berjalan-jalan, lalu mengambil beberapa daun. Kemudian, mintalah mereka melakukan hal yang sama. Setibanya di rumah, cari dedaunan di internet dan identifikasilah dari pohon mana dedaunan itu berasal. Mereka pun dapat menyimpan daun yang dikumpulkannya tersebut dalam bentuk scrapbook, seperti dikutip dari laman Firstcry.

2. Percobaan telur
Cara ini menjadi contoh efektif, Bun, untuk menjelaskan beberapa hukum sains kepada anak-anak. Siapkan telur rebus yang sudah dikupas, botol kaca dengan lubang bundar seperti botol susu, kertas karton kecil, dan beberapa korek api.

Nyalakan korek dan bakar kertas yang sudah disediakan lalu letakkan di botol bersih. Kemudian, segera letakkan telur di atas pembuka botol, Bun. Saat kertas terbakar sendiri, vakum yang dihasilkan akan menyedot telur ke dalam botol. Kegiatan ini pun menjadi cara yang dijamin membuat anak-anak bersemangat belajar sains.

3. Rain man
Eksprerimen ini dapat menggelitik rasa ingin tahu anak-anak lho, Bun. Caranya, ambil beberapa sendok makan air dan tambahkan pewarna ke dalamnya. Semakin kaya warna, semakin menarik hasilnya Bun.

Kemudian, ambil gelas yang lebih besar dan isi air hingga dua pertiganya. Isi sisanya dengan shaving foam. Tambahkan tetesan air berwarna ke dalam air berisi shaving foam dengan menggunakan pipet. Saat busa menguap, air berwarna akan jatuh ke dalam air di bawah shaving cream layaknya hujan.

4. Letusan gunung berapi
Kegiatan sederhana ini sangat menyenangkan, Bun, karena anak-anak akan membuat letusan layaknya peritiwa erupsi gunung berapi.

Caranya siapkan pasir, pipa, cuka, dan soda kue. Lalu, ajak anak membangun gunung berapi di sekitar pipa dengan bukaan pipa di tengah. Isi tabung hingga setengah, tuang baking soda yang dicampur dengan pewarna makanan ke dalam pipa. Mintalah anak-anak menuangkan cuka ke dalam lubang erupsi Bun sehingga terlihat lava dengan warna yang berbeda-beda.

Seru banget kan, Bun? Yuk, coba belajar sains bersama dengan anak-anak di rumah!


[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi