parenting

Manfaat Mengajari Anak 'Table Manner' Sejak Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 11 Feb 2019 09:08 WIB
Manfaat Mengajari Anak 'Table Manner' Sejak Kecil
Jakarta - Saat makan, seringkali anak-anak berlarian ke sana kemari. Menumpahkan makanan hingga memecahkan piring sudah jadi hal yang biasa. Tapi, kalau dibiarkan terus-terusan bisa bikin pusing ya, Bun.

Hal seperti ini, tentu akan membuat Bunda malu saat mengajak anak makan di luar. Acara makan-makan yang seharusnya menyenangkan, malah bikin stres. Kejadian seperti ini lumrah dialami para orang tua, Bun.

Tenang, Bunda tidak sendiri mengalami hal tersebut. Ketimbang stres, yang harus Bunda pahami ialah bagaimana mencegah si kecil berbuat kekacauan yang sama di kemudian hari.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan yakni dengan membekali mereka 'table manner'. Tujauannya, agar mereka mengerti etika di meja saat makan. "Sopan santun adalah keterampilan sosial yang membantu anak sukses di kelas, bersosialisasi bersama teman-teman, serta dengan teman kerja di masa mendatang,"kata Daniel Post Senning dari Emily Post Institute, seperti dikutip dari laman Scholastic.


Dikatakan Senning bahwa mengajarkan mereka table manner mungkin bukan hal mudah, Bun. Proses tersebut memakan waktu hingga berkali-kali untuk mengajari mereka. Di samping itu, Bunda harus selalu memberikan contoh mengenai etika yang seharusnya dilakukan di meja makan.

Dikutip dari Todayparents, pada anak balita, cukup diingatkan secara terus menerus bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan saat makan. "Ini semua adalah permainan untuk anak kecil, jadi terserah orangtua untuk membuat aturan makan sejak awal seperti apa. Ini merupakan proses pemberitahuan pada anak-anak, apa yang Anda harapkan dari mereka dan apa konsekuensinya jika mereka tidak melakukannya,"kata Lisa Bunnage, parenting coach.

Manfaat Mengajari Anak 'Table Manner' Sejak KecilIlustrasi anak belajar table manner/ Foto: iStock


Sementara untuk anak prasekolah, hal yang terpenting yaitu berlatih secara terus menerus, Bun. Pakar parenting, Julie Freedman Smith mengatakan, anak-anak di tahapan usia ini merupakan pemakan yang cenderung pilih-pilih, pemakan super lambat, dan pencari perhatian. "Kunci untuk menanamkan etika di meja makan yang baik adalah latihan. Duduklah bersama anak-anak selain makan malam dan jelaskan apa yang Anda harapkan. Tulis atau gambarkan,"katanya.

Untuk anak kecil yang usianya di atas pra sekolah, para orangtua dapat mengajari table manner dengan menjelaskan melalui topik pembicaraan yang cocok. Gunakan seni percakapan yang menarik ya, Bun. Hindari untuk mengajukan pertanyaan yang dapat dengan mudah diakhiri dengan jawaban 'ya, tidak, atau baik-baik saja'. Sebaliknya, mulailah dengan topik tertentu, Bun. Seperti misalnya, "Coba beritahu Bunda, apa yang kakak pelajari hari ini di kelas musik," kata Freedman Smith.

Sekarang, sudah tahu ya, Bun, betapa pentingnya membiasakan anak belajar table manner. Bukan saja membuat mereka jadi mengerti tata krama, tetapi juga membuat agenda makan bersama berjalan lancar, Bun. Nah, Bunda tertarik mencobanya di rumah?


[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi