parenting

4 Manfaat Bunda Sharing Info Parenting dengan Teman

Annisa Karnesyia Rabu, 13 Feb 2019 06:59 WIB
4 Manfaat Bunda Sharing Info Parenting dengan Teman
Jakarta - Teman enggak cuma jadi tempat curhat, tapi juga tempat kita mendapat informasi baru, termasuk tentang anak. Bunda dan teman-teman yang sudah jadi ibu akan merasa nyaman dan nyambung kalau curhat soal anak ya, Bun.

Menurut Psikolog klinis anak dan remaja, Monica Sulistiawati, teman adalah bagian dari support system yang mendukung Bunda setelah keluarga. Buat sebagian orang, teman adalah tempat kita bercerita dan bertanya dan berbagi tentang apapun termasuk tentang anak. Teman lebih mengerti karena usia yang seumuran dan pengalaman yang kurang lebih sama.

"Kalau kita cerita dan tanya ke pasangan tentang anak, belum tentu dia mengerti kondisi kita karena masih sama-sama belajar. Tanya ke orang tua, generasinya sudah beda jadi biasanya jawabannya belum tentu memuaskan," kata Monica dalam acara 'Mothercare, Mother to Mothers, Unconditional Love' di Djakarta Theater XXI, Jakarta (12/2/2019).


Selain teman, Bunda juga bisa mencari informasi apapun tentang anak melalui media sosial atau forum online. Di dalamnya Bunda bahkan bisa membuat lingkaran pertemanan baru yang sesuai dengan sumber informasi yang dicari.

Nah, kata Monica bertanya atau bercerita dengan teman seputar anak punya 4 manfaat yaitu:

1. Menambah jaringan pertemanan
Selain dapat selalu membina hubungan dengan teman lama yang sudah terjalin, Bunda juga dapat menciptakan lingkaran pertemanan baru. Misalnya dari beberapa forum online.

2. Sumber informasi
Jika teman kita sudah menjadi ibu, dia pasti lebih berpengalaman ya, Bun. Saat itulah Bunda bisa bertanya, bercerita, dan mencari informasi seputar parenting. Tapi Bunda juga tetap harus menyaring informasi yang didapat. Cari informasi tambahan dan tanyakan ke pakar jika merasa belum yakin.

3. Sharing tentang berbagai hal
"Tidak hanya soal anak yang bisa dibicarakan dengan teman, tapi juga sharing hal baru," kata Monica.

4. Menjadi sumber semangat dan inspirasi
Saat bertanya dan bercerita pada teman tentang permasalahan anak atau urusan keluarga, Bunda pasti mendapatkan solusi dan dukungan dari teman. Saat itulah perasaan jadi senang dan bersemangat lagi.

"Bercerita dan bergantung dengan teman itu bagus, tapi ingat dalam pertemanan harus ada take and give. Kita tidak melulu bercerita dan bertanya saja, tapi juga harus jadi pendengar dan pemberi solusi yang baik pada teman," papar Monica.

Nah, mulai sekarang jika Bunda punya pertanyaan seputar anak, enggak ada salahnya bertanya pada teman. Tetap semangat, Bun!


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi