sign up SIGN UP search


parenting

Yuk, Bunda Ajari Si Kecil agar Tertib Saat Naik MRT

Muhayati Faridatun Minggu, 24 Mar 2019 09:33 WIB
Viral foto-foto penumpang yang berprilaku tidak tertib saat menjajal MRT. Yuk, Bunda ajari si kecil supaya menjaga ketertiban umum. caption
Jakarta - Moda raya terpadu (MRT) membuat sebagian besar warga Jakarta dan sekitarnya penasaran untuk mencoba. Sayangnya, keinginan besar menjajal model transportasi baru ini tidak diimbangi perilaku tertib.

Seperti dilansir detikcom, sejumlah foto beredar yang menggambarkan perilaku tidak tertib. Baik orang dewasa maupun anak-anak, juga saat di stasiun dan di dalam MRT.

Terlihat para calon penumpang mengantre masuk ke dalam MRT, tapi mengabaikan tanda di lantai peron yang menunjukkan jalur penumpang keluar. Kalau di depan pintu MRT dipadati penumpang yang ingin masuk, gimana penumpang di dalam mau turun?



Beberapa penumpang yang membawa anak-anak juga tampak melantai di dalam stasiun, sambil menyantap makanan yang mereka bawa. Bahkan ada juga penumpang yang berfoto dengan pose bergelayutan dan berdiri di kursi MRT. Wah, kok bisa ya?

Para penumpang makan dan minum di stasiun MRT/ Para penumpang makan dan minum di stasiun MRT/ Foto: Istimewa
Potret tersebut sangat memprihatinkan ya, Bun. Sebagai orang tua, baiknya kita mengajari si kecil untuk tertib kapan dan di mana saja. Kita juga harus memberi contoh dengan berperilaku yang baik saat menggunakan fasilitas umum.

"PT MRT Jakarta menyesalkan perilaku yang tidak seharusnya dilakukan di stasiun dan kereta, seperti makan dan minum di stasiun dan kereta, berdiri atau menginjak kursi kereta, bergelantungan di kereta yang teridentifikasi dari hasil evaluasi selama dua hari terakhir (22 - 23 Maret)," kata pihak PT MRT dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Pada pagi ini, Minggu (24/3/2019), MRT Jakarta fase I Lebak Bulus - Bundaran HI diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dikutip dari detikcom, acara peresmian tersebut berlangsung di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Sebelum meresmikan, Jokowi dan rombongan dijadwalkan menjajal MRT Jakarta dari Stadiun Istora Mandiri, Senayan, dengan tujuan akhir Stasiun Bunderan HI. Beberapa menteri turut hadir dalam acara peresmian ini, juga sejumlah bunda seleb seperti Nirina Zubir, Chatty Sharon, dan Andien.


"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan," kata Jokowi, Minggu (24/3/2019).

Meski telah diresmikan, MRT Jakarta akan benar-benar beroperasi secara komersial pada 1 April 2019. Selama seminggu dari 25 hingga 31 Maret mendatang, MRT masih gratis. Sebelumnya, MRT sudah dibuka untuk umum selama 12 - 24 Maret 2019.

Afrisa Loudya, salah satu sahabat HaiBunda yang sudah menjajal naik MRT Jakarta bersama suami dan putranya. Ia merasa nyaman dengan fasilitas yang tersedia, terlebih yang memudahkan ibu dan anak.

"Ada lift prioritas. Jadi kalau bawa stroller langsung diarahkan ke sini. Saya lihat juga ada nursery room (ruang menyusui), tapi memang belum berfungsi karena masih dalam tahap penyelesaian," tutur Afrisa kepada HaiBunda.

Perempuan yang akrab disapa Icha ini naik MRT dari Stasiun Istora Mandiri, Senayan, lalu ke Lebak Bulus, Bunderan HI, kemudian turun di Senayan. Dengan fasilitas ini, dia pun berharap semua fasilitas penunjang MRT bisa berfungsi dengan baik dan benar.


Bunda dan keluarga sudah menjajal MRT? Yuk, berbagi pengalaman di kolom komentar. Selalu jaga ketertiban ya!

[Gambas:Video 20detik]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi