parenting

Bun, Pijat Bayi Bisa Latih Kemampuan Bahasanya Sejak Dini

Yuni Ayu Amida Minggu, 31 Mar 2019 18:34 WIB
Bun, Pijat Bayi Bisa Latih Kemampuan Bahasanya Sejak Dini
Jakarta - Ternyata memijat bayi banyak manfaatnya lho, Bun. Selain sebagai bonding antara ibu dan anak, memijat bayi rupanya bisa melatih kemampuan bahasa anak. Simak penjelasan berikut ya.

Dikatakan bidan Laili Romdina Amd., salah satu manfaat memijat bayi adalah melatih kemampuan berbahasa. Hanya saja saat memijat bayi, Bunda tidak boleh hanya diam ya, harus ngobrol sama bayinya.


"Ketika kita pijat bayi, kita akan sering ngobrol kan, padahal bayi belum bisa ngomong, saat dia sering mendengar kita berbicara itu bisa menambah kosakata bayi dan mencegah delay speech," kata Laili kepada HaiBunda baru-baru ini.

Bahkan, menurut Laili, kita bisa melatih kemampuan bahasa asingnya, Bun. Hal ini karena memijat bayi membuatnya relaks, jadi stimulasi bahasanya pun lebih cepat masuk.

"Kalau kemampuan bahasa itu bahasa sehari hari, plus kalau kita ngajarin ilmu bahasa luar, itu bisa menstimulasi dia juga," terang Laili.

Selain manfaat tersebut, kata Laili, manfaat lain yang didapat dari memijat bayi di antaranya untuk meningkatkan kesehatan kulit dan otot bayi, meningkatkan kekebalan tubuh, merangsang hormon. Serta memperlancar sistem pernapasan dan pencernaan bayi.

Tak hanya untuk bayi, orang tua pun mendapatkan manfaat, yakni sebagai bonding, ikatan batin dengan bayi. Melatih parenting skill dan mengurangi stres. Tidur orang tua pun jadi berkualitas


"Biasanya bayi kalau habis dipijat nyaman bobonya, nah orang tua kan jadi punya waktu juga untuk istirahat," jelas Laili.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi