parenting

Kebahagiaan Anak Sulung Arifin Ilham Sambut Kelahiran Sang Adik

Annisa Karnesyia Selasa, 02 Apr 2019 17:00 WIB
Kebahagiaan Anak Sulung Arifin Ilham Sambut Kelahiran Sang Adik
Jakarta - Ustaz Arifin Ilham sedang berbahagia, Bun. Ustaz bernama lengkap Muhammad Arifin Ilham ini baru saja dikaruniai anak kedelapan dari istri ketiganya, Ummi Akhtar.

Kabar bahagia ini disampaikan langsung oleh anak pertama Arifin, Muhammad Alvin Faiz dalam unggahan di Instagram Story miliknya. Alvin membagikan video singkat adik barunya yang baru lahir itu. Menggemaskan deh!

"Alhamdulillah telah lahir nanda 'Shofiya Dzikriya' anak ke delapan Abi @kh_m_arifin_ilham dari bidadari yang ketiga. Alhamdulillah punya adik baru," tulis Alvin.


Instagram Story Muhammas Alvin FaizInstagram Story Muhammas Alvin Faiz/ Foto: dok. Instagram Alvin


Ungkapan rasa bahagia yang diucapkan Alvin yang usianya terpaut 20 tahun dengan adik barunya itu memang manis sekali ya, Bun. Memiliki anggota baru di keluarga, khususnya adik yang usianya terpaut jauh dengan kakaknya pasti tidak semudah itu bisa diterima.

Menurut psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, mempersiapkan kakak untuk memiliki adik memang tidak mudah, terlebih lagi ketika jarak usia keduanya cukup jauh. Lebih baik diskusikan baik-baik dan cari tahu apakah ada hal yang menyulitkan si kakak dalam menerima adiknya.

"Jika ada, perlu diketahui penyebabnya agar bisa dicari solusinya dan meyakinkan kakak bahwa memiliki adik bukanlah sebuah musibah," kata Ratih, dikutip dari detikcom.

Sebelum adik lahir, lebih baik kakak mendapat persiapan untuk menghadapi kondisi hadirnya adik baru. Jika setelah adik lahir kakak tetap tidak bisa menerima, coba kunjungi psikolog untuk membantu mengidentifikasi masalah dan apa yang dirasakan kakak.

"Lingkungan juga harus tetap mendahulukan kebutuhan emosional kakak sehingga dia tidak merasa diabaikan. Itulah mengapa butuh proses bertahap dan waktu untuk melakukan persiapannya," tambah Ratih.


Dilansir Baby Centre, sebenarnya memiliki anak yang usianya terpaut jauh memiliki keuntungan lho, Bun. Anak yang sudah dewasa cenderung sudah hidup mandiri, sehingga tidak perlu banyak perhatian khusus untuk masalah pengasuhan orang tua.

Selain itu, coba libatkan kakak dalam mengurus adik barunya. Ajak untuk belajar bertanggung jawab tapi jangan sampai memperlakukan si kakak seperti orang tua cilik ya. Dengan membiarkan kakak ambil bagian mengurus adik, orang tua juga akan mendapatkan bantuan secara fisik dan mental.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi