parenting

10 Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Bunda Deg-degan

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 07 Apr 2019 10:03 WIB
10 Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Bunda Deg-degan
Jakarta - Banyak ibu baru dihinggapi kekhawatiran terhadap kondisi bayi yang baru dilahirkannya. Termasuk Bubun, yang buru-buru ngecek napas si kecil ketika tidur. Atau, kadang-kadang langsung panik ketika si gadis kecil nangis di tengah malam. Bunda juga pernah mengalami hal yang sama?

Hal tersebut ternyata wajar dirasakan sebagian ibu baru. Minimnya pengalaman mengurus anak membuat para Bunda merasa ketakutan dalam mengurus bayinya. Ditambah, rasa tidak percaya diri yang membuat mereka mudah panik ketika melihat ada yang sedikit tidak beres pada si kecil.


Namun, jangan membiarkan rasa ketakutan ini berlanjut hingga berlebihan ya, Bunda. Rasa bersalah dan cemas berlebihan menjadi salah satu tanda Bunda mengalami postpartum depression. Bila kondisi ini sudah parah, Bunda bisa susah tidur. Bahkan, ada yang sampai mencoba bunuh diri lho, Bun. Postpartum depresi sendiri diawali dengan gangguan baby blues. Pada mulanya, rasa tidak mampu mengurus anak akan membuat Bunda jadi lebih gampang diam hingga uring-uringan saat bersama si kecil.

10 Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sering Bikin Bunda Deg-degan10 Kondisi bayi baru lahir/ Foto: iStock

"Durasinya cukup lama, bisa terjadi sampai satu tahun. Baby blues ditandai dengan emosi yang naik turun, gampang tersinggung, nangis terus, tapi cuma sebentar. Umumnya dialami selama dua minggu, paling lama sebulan," ujar psikolog keluarga, Vera Itabiliana Hadiwidjojo kepada HaiBunda.

Nah, sebelum hal itu terjadi pada Bunda, pahami yuk kondisi baru bayi yang masih normal dan patut diwaspadai. Dalam bukunya Mommyclopedia, Panduan Lengkap Merawat Bayi 0 - 1 Tahun, dr.Meta Hanindita, Sp.A mengatakan ada sepuluh kondisi bayi yang sering membuat Bunda khawatir.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi