sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini Alasan Bayi Baru Lahir Tidak Perlu Minum Air Putih

Rahmi Sarifa Senin, 01 Mar 2021 17:55 WIB
Mother give baby water from baby bottle, baby likes it caption

Mungkin banyak Bunda yang mengira bahwa air putih baik untuk dikonsumsi oleh semua orang. Tapi, ternyata itu tidak benar. Faktanya bayi baru lahir hingga berumur enam bulan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi air putih, karena air putih dapat menimbulkan keracunan pada diri Si Kecil. Untuk membahas lebih lanjut, yuk Bunda simak penjelasannya di bawah ini.

Perut bayi baru lahir ternyata tidak cocok untuk mengonsumsi air putih. Sebab, ukuran perutnya yang masih kecil dan ginjal yang masih dalam tahap perkembangan, sangat berisiko membahayakan Si Kecil karena membuatnya kehilangan nutrisi dan keracunan air.

Daya tampung pada perut bayi hanya sekitar satu hingga dua sendok teh saja, atau lima hingga sepuluh mililiter (ml). Karena itu pula, perutnya akan cepat kosong, sehingga tak mengherankan jika Si Kecil lebih cepat merasa haus/lapar. Itulah sebabnya bayi baru lahir akan sering sekali menyusu dalam sehari. 


Memberi air putih pada Si Kecil hanya akan mengisi perut Si Kecil dengan zat yang tidak berguna untuknya. Padahal dalam tahap ini ada banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan, seperti vitamin, mineral, lemak, dan kalori yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Memberi air putih kepada Si Kecil akan menimbulkan masalah serius.

Pada awal kelahiran Si Kecil hingga enam bulan ke depan, perut Si Kecil akan terus berkembang secara bertahap. Pada usia satu bulan, kapasitas perutnya sekitar 2,7 hingga 5 ons. Tetapi pada usia 6 bulan, kapasitasnya dapat menampung sekitar 7 ons dan pada umumnya di usia 6 bulan pula Si Kecil sudah bisa diperkenalkan kepada air putih.

Banner tips diet

Bunda, perlu diingat bahwa ketika ginjal diberi lebih banyak air putih daripada yang dapat mereka tangani, kelebihan air berakhir dalam aliran darah. Ini dapat mencairkan cairan dalam aliran darah serta akan menurunkan konsentrasi elektrolit penting, seperti natrium. Terlalu banyak pengenceran dan dapat berisiko mengalami hiponatremia, yang secara harfiah berarti terlalu sedikit garam dalam darah.

Lanjut baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video pilihan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

BAHAYA BAYI BARU LAHIR MINUM AIR PUTIH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!