sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Tanpa Bak Mandi

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 06 Jan 2022 15:55 WIB
Ilustrasi cara memandikan bayi baru lahir caption

Bunda bingung bagaimana cara memandikan bayi Bunda yang baru lahir? Memandikan bayi baru lahir tentu saja bukan hal yang mudah dan perlu dilakukan dengan penuh hati-hati ya, Bunda.

Bunda yang baru pertama kali memiliki seorang anak tentu akan merasa bingung dan takut melakukan kesalahan dalam memandikan bayinya yang baru lahir. Namun Bunda tidak perlu khawatir, berikut adalah cara memandikan bayi baru lahir, yang bisa Bunda praktikkan langsung di rumah bersama Si Kecil.

Sebenarnya bayi belum perlu dimandikan terlalu sering Bunda, terutama jika usianya masih baru beberapa hari lahir ke dunia ini. Bahkan seperti dilansir dari Healthline, beberapa dokter anak menyarankan untuk menunda mandi pertama bayi sampai mereka berusia beberapa hari. Itu karena setelah lahir bayi Bunda tertutup vernix, yaitu zat lilin di kulit yang melindungi bayi dari kuman di lingkungannya.


Jika Bunda melahirkan di rumah sakit, perawat atau staf rumah sakit akan membersihkan cairan ketuban dan darah setelah bayi Bunda lahir. Tetapi Bunda mungkin memiliki opsi untuk memberi tahu mereka untuk meninggalkan vernix berlebih jika Bunda mau.

Persiapan memandikan bayi tanpa bak mandi bayi

Saat bayi masih sangat kecil dan tali pusarnya belum lepas, sangat disarankan untuk memandikan bayi hanya dengan menggunakan kain atau waslap lembut untuk menghindari luka tali pusar terkena air.

Sebelum memandikan bayi dengan kain lembut atau waslap, pastikan Bunda memiliki semua perlengkapan yang Bunda butuhkan dengan mudah dijangkau. Selain itu pastikan suhu ruangan yang tidak terlalu dingin atau panas agar bayi Bunda tetap merasa nyaman.

Yang perlu dipersiapkan:

  • Bantalan untuk permukaan yang keras, seperti selimut atau handuk 
  • Semangkuk air hangat, tidak panas
  • Lap mandi atau waslap
  • Sabun bayi lembut
  • Popok bersih
  • Handuk bayi

Cara memandikan bayi tanpa bak mandi bayi

Setelah Bunda mengumpulkan persediaan Bunda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih ruangan yang hangat, sekitar 23,8 Celsius untuk mandi. Lepaskan pakaian dan popok bayi Bunda, dan bungkus dengan handuk.
  2. Baringkan bayi Bunda di permukaan yang datar, seperti meja ganti, meja di samping wastafel, atau tempat tidur Bunda. Gunakan tali pengaman atau pegang dengan satu tangan setiap saat untuk memastikan mereka tidak jatuh.
  3. Buka handuk satu bagian pada satu waktu untuk mengekspose hanya area tubuh yang akan Bunda bersihkan.
  4. Mulailah dari wajah dan bagian atas kepala bayi Bunda: Pertama-tama celupkan kain bersih atau waslap ke dalam air hangat. Gunakan hanya air hangat tanpa sabun untuk langkah ini agar sabun tidak masuk ke mata atau mulut bayi. Usap bagian atas kepala dan sekitar telinga luar, dagu, lipatan leher, dan mata.
  5. Tambahkan satu atau dua tetes sabun ke dalam air hangat. Celupkan waslap ke dalam air sabun dan peras.
  6. Gunakan air sabun untuk membersihkan seluruh bagian tubuh dan area popok. Ada baiknya Bunda membersihkan bagian bawah lengan dan sekitar area genital. 
  7. Keringkan bayi Bunda, termasuk pengeringan di antara lipatan kulit. Kenakan popok bersih. Bunda dapat menggunakan handuk dengan tudung built-in untuk menjaga kepala mereka tetap hangat saat proses mengeringkan tubuh bayi Bunda.
ilustrasi bayi mandiIlustrasi cara memandikan bayi baru lahir/ Foto: iStock

Cara memandikan bayi menggunakan bak mandi bayi

Setelah tali pusar bayi Bunda lepas, Bunda bisa memandikannya di bak mandi bayi. Ikuti langkah-langkah ini untuk memandikan bayi Bunda dengan aman:

  1. Isi bak mandi dengan sedikit air. Biasanya, 5-7 cm air sudah cukup. 
  2. Setelah menanggalkan pakaian bayi Bunda, segera masukkan ke dalam air agar tidak kedinginan.
  3. Gunakan satu tangan untuk menopang kepala bayi Bunda dan tangan lainnya untuk meletakkan kakinya terlebih dahulu ke dalam bak mandi. Kepala dan leher mereka harus berada jauh di atas air setiap saat untuk keselamatan.
  4. Bunda dapat dengan lembut memercikkan atau menuangkan air hangat ke bayi Bunda agar mereka tetap hangat di bak mandi.
  5. Gunakan waslap untuk membersihkan wajah dan rambut mereka, dan keramaslah kulit kepala mereka satu sampai dua kali seminggu.
  6. Cuci bagian tubuh lainnya dari atas ke bawah, menggunakan air hangat atau waslap basah.
  7. Angkat bayi dengan lembut dan tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk. Pastikan juga untuk mengeringkan lipatan di kulitnya.

Ingatlah untuk tidak pernah meninggalkan bayi tanpa pengawasan di bak mandi, bahkan untuk sedetik pun. Mereka dapat dengan cepat tenggelam, bahkan dalam jumlah air yang dangkal.

Bayi Bunda harus diawasi setiap saat saat mandi. Jangan pernah meninggalkan bayi baru lahir tanpa pengawasan di sekitar air.

Jika bayi Bunda menangis atau tidak menikmati waktu mandi, pastikan ruangannya cukup hangat, airnya tidak terlalu panas, dan Bunda membungkusnya dengan handuk agar mereka tetap nyaman.

Demikian cara memandikan bayi baru lahir yang bisa Bunda terapkan bersama Si Kecil di rumah, selamat menikmati salah satu momen bonding bersama Si Kecil, Bunda.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!