parenting

Manfaat Ajak Anak Ibadah Seperti Dilakukan Jokowi pada Jan Ethes

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 12 Apr 2019 13:00 WIB
Manfaat Ajak Anak Ibadah Seperti Dilakukan Jokowi pada Jan Ethes
Jakarta - Selalu ada cerita menarik yang dibagikan Jokowi bersama para cucunya. Terutama saat menghabiskan waktu bareng cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra. Maklum ya, Bun, Jan Ethes memang sering menemani mbah kakungnya berkeliling daerah.

Jokowi dan istrinya, Iriana sering juga menyempatkan waktu untuk mengajak jalan-jalan Jan Ethes. Mulai dari main di mal hingga berenang di rumah. Ethes yang mulai belajar bicara, kerap berceloteh lucu menirukan ucapan mbah kakungnya itu.


Enggak hanya memanjakan Ethes dengan permainan, sebagai kakek Jokowi juga sudah menanamkan pendidikan agama pada cucunya itu sejak kecil. Melalui Instagram miliknya, Jokowi membagikan momen dia salat Maghrib berjamaah bersama Ethes.


Bocah 3 tahun itu berdiri sambil mendekapkan kedua tangannya di perut. Anak pertama Gibran dan Selvi itu, mengikuti gerakan sang kakek di sampingnya, Bun. Wah, pintar banget ya Ethes.

[Gambas:Instagram]

Mengajari anak-anak untuk mengenal Tuhan memang sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Menanamkan konsep takut pada Tuhan sangat penting dilakukan sejak mereka di dalam kandungan. Sebab, janin sudah bisa mendengar suara di luar kandungan. Bunda dan Ayah sudah mulai bisa mengajak anak berdoa. Jadi, saat si kecil lahir sudah terbiasa mengajak anak-anak berdoa dan beribadah.

Seiring pertambahan usia anak, ajarkan juga konsep berdoa di tempat ibadah. Seperti salat jamaah di masjid atau misa setiap hari Minggu di gereja. Psikolog pendidikan, Orrisa Anggita Rinjani membagikan saran saat mengajak anak kecil ke rumah ibadah. Agar anak tenang, ada beberapa tips yang bisa Bunda dan Ayah coba.


"Jalan tengahnya adalah bagi orang tua yang ingin bawa anaknya beribadah di tempat umum seperti salat Ied dan lainnya. Disarankan latih dulu adab untuk salat di rumah. Apa sudah bisa belum di rumah mengikuti gerakan salat dan diminta tenang untuk beberapa waktu? Kalau udah bisa baru kita ajak salat yang lainnya," ungkap Orrisa kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Bunda, simak juga yuk alasan April Jasmine dan Ustaz Solmed memasukkan si sulung ke pesantren sejak usia lima tahun dalam video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi