parenting

Melepas Kangen, Jokowi Habiskan Waktu Bermain dengan Jan Ethes

Annisa Karnesyia Kamis, 04 Apr 2019 12:45 WIB
Melepas Kangen, Jokowi Habiskan Waktu Bermain dengan Jan Ethes
Jakarta - Menjadi pemimpin negara seperti Joko Widodo (Jokowi) pasti sibuk dengan urusan pekerjaan ya, Bun. Waktu untuk bermain dengan cucu tersayang, salah satunya Jan Ethes juga berkurang.

Inilah yang dirasakan Jokowi saat akhirnya bertemu Jan Ethes pada Hari Libur Isra Miraj, Rabu (3/4) kemarin. Kebahagiaan itu dibagikan Jokowi melalui akun Instagram miliknya, @jokowi.

"Berminggu-minggu tak mendengar celotehnya, baru hari ini saya ada waktu bermain dengan Jan Ethes," tulis Jokowi.


Dalam foto yang diuggah, Jokowi sedang menemani Jan Ethes bermain di area permainan. Bila ekspresi Jokowi terlihat serius, sang cucu justru tersenyum ceria, Bun.

[Gambas:Instagram]


Kebahagiaan Jokowi kembali dibagikannya melalui beberapa video singkat dari Instagram Story miliknya. Dalam video, Jokowi menemani Jan Ethes bermain beberapa jenis permainan di tengah padatnya area bermain.

"Bermain dengan Jan Ethes, pada tanggal merah di pekan yang padat," tulis Jokowi dalam salah satu video.

Jokowi dan Jan EthesJokowi dan Jan Ethes/ Foto: Instagram @jokowi


Bagi seorang kakek seperti Jokowi, menghabiskan waktu bermain dengan cucu dapat memberikan banyak manfaat lho, Bun. Dilansir Motherly, menghabiskan waktu bersama cucu bisa membuat kakek panjang umur.

Alasannya karena anak-anak akan tumbuh menjadi lebih tangguh dan berani sedangkan kakek akan menjadi lebih sehat. Penelitian menunjukkan jika seorang kakek atau nenek membantu mengasuh cucunya, usia mereka akan bertambah rata-rata lima tahu.

Susan Newman, psikolog sosial dan penulis buku Little Things Mean a Lot: Creating Happy Memories with Your Grandchildren mengatakan, kakek dan nenek diibaratkan seperti selimut. Artinya, kakek dan nenek dapat memberi sesuatu yang nyaman dan aman bagi cucunya.

"Jika ada seseorang yang anak percaya dan selalu berada di samping mereka, itu adalah hal besar dan emosional untuk anak. Mereka jadi memiliki seseorang yang selalu memeluk mereka dan memberikan rasa nyaman," kata Newman, dikutip dari US News.

Menurut Newman, kakek dan nenek adalah tipe yang tidak memiliki batas kesabaran seperti orang tua. Itulah mengapa cucu sangat senang bermain bersama kakek atau neneknya. Setuju ya, Bun?

"Dengan bermain permainan yang membawa kebahagiaan bagi dua generasi yang berbeda, seorang kakek atau nenek akan merasa dibutuhkan, bermanfaat, dan selalu berpikir positif tentang dirinya," pungkas Newman.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi