parenting

Tawa Jokowi Saat Nonton Pertunjukan Musik Jan Ethes di Sekolah

Ratih Wulan Pinandu Kamis, 12 Sep 2019 18:27 WIB
Tawa Jokowi Saat Nonton Pertunjukan Musik Jan Ethes di Sekolah
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluangkan waktu untuk melihat pertunjukan sang cucu, Jan Ethes. Akhir pekan lalu, Jokowi bersama Iriana menemani anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka untuk menonton aksi Jan Ethes di sekolahnya.

Melansir video dari kanal YouTube Sekretariat Negara, Jan Ethes yang dimasukkan sekolah musik sedang melakukan pertunjukan menarik. Ethes yang kini berusia 3,5 tahun menari bersama teman-temannya.

Dalam pertunjukan tersebut, Ethes melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan lirik lagu, Bun. Seperti mengikuti gerakan pesawat, bulan, dan matahari. Diakhiri dengan gerakan sedang tidur ketika hari sudah malam.


Meski tak selincah gerakan teman-temannya, kelucuan Ethes tetap mencuri perhatian orang-orang yang menonton. Jokowi sampai tertawa terbahak-bahak lho, Bun.

Tak ketinggalan, kakek dua cucu itu juga memberikan dukungannya untuk pendidikan musik pada anak-anak. Diungkap Jokowi, musik sangat bagus untuk pertumbuhan anak-anak.

Tawa Jokowi Melihat Pertunjukan Musik Jan Ethes di SekolahJokowi lihat Jan Ethes/ Foto: 20Detik
"Musik sebagai teman anak-anak sangat bagus untuk pertumbuhan mereka. Musik memberikan warna dalam rasa, nantinya ke depan anak-anak kita memiliki sebuah rasa toleransi, rasa saling membantu dengan teman-temannya, saling tolong menolong dengan teman-temannya. Musik adalah wahana yang sangat baik dalam membangun toleransi pertemanan anak-anak dengan teman-temannya," ungkap Jokowi.

Mengajari anak-anak menyanyi dan bermain musik dapat meningkatkan perkembangan sensorik. Sama seperti rasa, tekstur, dan warna yang dapat membantu perkembangan sensorik si kecil.

Mengajari anak-anak beberapa jenis musik, dapat menciptakan banyak jalur di antara sel-sel di otak mereka. Efek ini semakin meningkat ketika Bunda menambahkan musik ke berbagai aktivitas seperti menari.

Sedangkan menurut ulasan di Today's Parent, sebuah studi pada 2012 di Universitas McMaster menunjukkan bahwa bayi yang berpartisipasi dalam kelas musik dengan orang tua mereka di tahun pertama kehidupannya, akan lebih banyak tersenyum, berkomunikasi dengan lebih baik, dan menunjukkan respons otak yang lebih awal dan lebih canggih terhadap musik.

"Melalui kelas-kelas musik langsung, bayi dihadapkan pada kegiatan yang membantu mengembangkan keterampilan motorik mereka (seperti merangkak dan meraih benda-benda), keterampilan bahasa dan keterampilan sosial yang semuanya merangsang otak mereka," ungkap Laurel Trainor, penulis studi dan direktur McMaster Institute for Music and the Mind.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi