parenting

4 Manfaat Si Kecil Membawa Bekal ke Sekolah

Annisa Karnesyia Jumat, 12 Apr 2019 15:30 WIB
4 Manfaat Si Kecil Membawa Bekal ke Sekolah
Jakarta - Apa Bunda tahu kalau hari ini adalah Hari Bekal Nasional? Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2014, membawakan bekal si kecil tidak hanya penting untuk memenuhi gizinya tetapi juga diperlukan sebagai alat pendidikan gizi terutama bagi orang tua.

Themis Chryssidis, ahli diet terakreditasi dan juru bicara Dietitians Association of Australia mengatakan, membawa bekal makan siang baik untuk kesehatan anak. Oleh karena itu, orang tua harus bisa memastikan makanan yang dimakan anak saat jam makan siang itu sehat.

"Makan siang yang benar dapat membantu mengatasi rasa lapar dan menjaga anak kenyang lebih lama ketika beraktivitas," kata chryssidis, dikutip dari Huffington Post.


Membuat bekal memang terlihat sulit bagi beberapa Bunda. Tapi, manfaatnya banyak lho dan melebihi kerumitan yang terlihat.

Dilansir Healthfully, menyiapkan bekal anak dari rumah memberi banyak keuntungan daripada membeli makanan di kantin sekolah. Berikut empat manfaat membawa bekal bagi si kecil yang Bunda harus tahu.

1. Menu yang disajikan rendah lemak dan kalori

Di beberapa sekolah, banyak jenis makanan yang kurang menyehatkan, contohnya makanan cepat saji. Dengan membuatkan anak bekal, Bunda bisa menyiapkan menu makanan anak dengan gizi tinggi yang rendah kalori dan lemak.

2. Hemat dan kualitas terjaga

Ketika membuat bekal untuk si kecil, Bunda bisa mengontrol bahan makanan dan memilihnya berdasarkan budget dan kesukaan anak. Selain menyehatkan, membawa bekal juga terbukti mengurangi pengeluaran dari segi ekonomi, Bun.

Selain itu, Bunda juga bisa membuat perkiraan biaya selama lima hari anak sekolah. Dengan begitu, bahan makanan yang berkualitas sudah diperkirakan cukup untuk dijadikan bekal sehat setiap hari.

Bekal anakBekal anak/ Foto: iStock


3. Makanan kesukaan anak

Bukan rahasia kalau anak suka pilih-pilih makanan ya, Bun. Jika anak adalah tipe pemilih, menyiapkan bekal sesuai selera mereka bisa jadi solusinya. Membawa bekal juga bisa meningkatkan minat anak untuk makan buah dan sayuran lho.

Menurut survei yang dilakukan di University of Michigan dan diterbitkan di American Hearth Journal, anak-anak yang membawa bekal dari rumah makan buah dan sayuran lebih banyak dari anak yang makan di kantin sekolah. Penelitian ini dilakukan pada lebih dari 1.000 anak usia sekolah.

4. Mengurangi dampak alergi

Alergi makanan adalah hal yang paling dikhawatirkan orang tua pada anak. Nah, menyiapkan bekal dan mengedukasi anak serta guru di sekolah, bisa menolong anak terhindar dari dampak alergi.

Untuk keamanan makanan termasuk kebersihan, orang tua tidak perlu khawatir karena menyiapkan sendiri bekal si kecil. Karena sampai saat ini, kebersihan kantin sekolah masih menjadi isu yang berhubungan dengan kesehatan anak.


Yuk, simak bekal sehat dan hemat untuk si kecil, Bun.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi