parenting

Ajari Anak Saling Menghargai Lewat Cerita Animasi Ilo

Annisa Karnesyia Senin, 15 Apr 2019 13:00 WIB
Ajari Anak Saling Menghargai Lewat Cerita Animasi Ilo
Jakarta - Mengajarkan anak pentingnya hidup bersama dan bersosialisasi bisa dimulai dengan bercerita, Bun. Cerita dengan unsur hiburan dan tema persahabatan dapat mengajarkan anak nilai-nilai positif.

"Mengajarkan anak nilai-nilai positif bisa dimulai dari keluarga. Dengan adanya cerita persahabatan, kita ingin menjadi itu sarana edukasi untuk keluarga," ujar Ryan Adrian, Presiden Direktur PT Indonesia Expo, dalam acara Press Conference ICEFEST 2019, baru-baru ini.

Menurut Ryan, keluarga merupakan pilar utama yang mengajarkan kebaikan dalam menjalani kehidupan. Keluargalah yang awalnya mengajarkan kita untuk saling menghargai antarsesama dan selalu bersyukur. Inilah yang dibagikan melalui karakter animasi Ilo dan Aiden.

Cerita tentang keluarga dan persahabatan ini dimulai dengan kisah sesosok makhluk raksasa bernama Ilo yang sejak kecil tinggal sendiri di hutan. Tanpa keluarga dan teman, Ilo merasa kesepian dan sering murung.

Ilo adalah makhluk yang dipercaya warga Happy Village sebagai sosok menyeramkan. Suatu hari, Ilo yang merindukan kehadiran teman dan keluarga bertemu dengan Aiden di hutan. Aiden adalah anak laki-laki baik hati yang mengajarinya arti persahabatan.



Aiden lantas mengajak Ilo untuk berani keluar dari hutan dan datang ke festival tahunan ICEFEST yang diadakan di Happy Village. Namun, Ilo masih takut dan khawatir bertemu dengan orang-orang baru.

Foto: Instagram
Itulah sepenggal cerita Ilo dan Aiden yang dijadikan maskot acara ICEFEST 2019 desember mendatang. Dalam cerita Ilo dan Aiden terkandung makna tentang pentingnya hidup berdampingan dan memiliki keluarga atau teman.



Baldy Mulya Putra, Brand Family ambassador ICEFEST 2019 yang juga ayah dari Naura (13), Bevan (12), dan Neona (9), mengatakan cerita Ilo ini bisa mengajarkan anak-anak untuk lebih bersyukur. Terutama bersyukur memiliki keluarga dan teman di kehidupannya.

"Bentuk syukur juga bisa dilakukan dengan membantu orang lain, seperti Aiden membantu Ilo. Saya ingin orang tua bisa mengajarkan anak nilai-nilai positif dari cerita itu," ujar suami Nola B3 ini.

Diharapkan dengan cerita Ilo, orang tua mempunyai pandangan baru untuk anak yang sarat dengan nilai-nilai positif, yaitu menghargai dan mencintai keluarga. Untuk ke depannya, cerita Ilo dan Aiden bisa Bunda tonton melalui Instagram dan tayangan Youtube berdurasi empat menit sebulan sekali, sebagai bahan referensi tayangan dengan nilai positif untuk si kecil. (ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi