parenting

Upaya Menaikkan Berat Badan Anak yang Terlalu Kurus

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 15 Apr 2019 17:30 WIB
Upaya Menaikkan Berat Badan Anak yang Terlalu Kurus
Jakarta - Berbagai makanan sehat dan bergizi sudah diberikan pada si kecil, tapi kenapa berat badannya enggak kunjung naik ya, Bun? Mulai dari vitamin hingga makanan penambah berat pun sudah pernah dicoba. Hasilnya nihil.

Hmm, situasi seperti ini memang kerap menghantui para Bunda. Meski sudah makan banyak, bobot tubuh si anak tetap saja kurang maksimal. Duh, perlu enggak sih khawatir berlebihan dengan kondisi ini, Bun?


Dr Uma Asopa, seorang dokter anak dari Ahmedabad menjelaskan, berat badan anak-anak terlalu kurus atau kurang dari yang diharapkan untuk anak seusianya masih dalam batas normal lho. Asalkan, sang anak bahagia, sehat, aktif dan makan cukup baik karena kemungkinan anak baik-baik saja, Bun.


Seorang anak bisa saja tetap kurus, meskipun makan dengan baik. Atau kemungkinan lainnya, anak tersebut tidak makan dengan baik karena nafsu makan yang buruk karena kebiasaan terlalu memilih-milih makanan.

Pada kasus pertama, Asopa menyarankan agar orangtua mengingat sejarah keluarga mereka. Beberapa anak memiliki kecenderungan genetik kurus, meskipun makan secara normal. Ini berkaitan dengan kemampuan membakar lebih banyak kalori, katanya dikutip dari Parent Circle.

Upaya Menaikan Berat Badan Anak yang Terlalu KurusMenaikan berat badan anak/ Foto: Istock
Sementara pada kasus nafsu makan yang buruk, Bunda perlu menyelidiki nih kenapa anak terlalu pemilih makanan. Sehingga, Bunda dapat menerapkan strategi khusus agar anak-anak jadi berselera makan kembali.

Melansir Live Strong, cara meningkatkan nafsu makan pada anak-anak underweight salah satunya dengan menyesuaikan pilihan makanan agar, nafsu makan mereka kembali terdongkrak.

Jika anak Bunda cenderung pemilih makanan, buatlah daftar makanan bergizi yang disukai anak-anak. Kemudian, masukkan makanan tersebut dalam daftar menu hariannya.

Selain itu, pastikan juga anak Bunda mendapatkan aktivitas fisik yang cukup. Misalnya dengan anak-anak berlarian selama berjam-jam dan bermain di luar, tentunya akan menghabiskan energi banyak untuk kegiatan fisik tersebut. Sehingga hal tersebut pun dapat membantu merangsang nafsu makan anak.


Oh ya, Bunda juga bisa lho memberikan pilihan makanan padat kalori untuk meningkatkan berat badan buah hati. Makanan padat kalori sebagai pengganti jumlah makanan yang banyak.

Selamat mencoba ya!

Ajak anak menyukai olahraga yuk, Bun dengan aktivitas seperti dalam video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi