parenting

6 Makanan Sehat Bantu Sukseskan Diet Bunda

Yuni Ayu Amida Sabtu, 20 Apr 2019 10:57 WIB
6 Makanan Sehat Bantu Sukseskan Diet Bunda
Jakarta - Kebanyakan bunda pasti menginginkan berat badan yang ideal. Jika sudah terlanjur gemuk, maka akan melakukan berbagai cara untuk diet. Namun, mendapatkan tubuh ideal tak semudah yang dipikirkan.

"Diet berarti mengurangi jumlah makanan dalam tubuh. Banyak diet memiliki aturan ketat dan spesifik," ujar pakar nutrisi Whitney Stuart, mengutip Business Insider.

Berbagai pilihan program diet tersedia dan Bunda bisa pilih satu di antaranya yang paling sesuai. Tapi, lagi-lagi, belum tentu program diet yang dipilih itu menjamin penurunan berat badan.


Berikut ini enam makanan sehat yang dipercaya bantu sukseskan diet, yang HaiBunda rangkum dari Health Line. Disimak ya, Bun.


1. Telur

6 Makanan Sehat Bantu Sukseskan Diet BundaFoto: Istimewa

Meski dikhawatirkan memiliki kolestrol tinggi, telur termasuk salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Telur tinggi protein dan lemak, serta sangat mengeyangkan.

Sebuah studi dilakukan pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan, makan telur untuk sarapan terbukti meningkatkan rasa kenyang. Hal ini membuat partisipan tersebut makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

2. Ikan salmon

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan membuat kenyang selama berjam-jam, dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting.

Ikan dan makanan laut secara umum juga dapat memasok sejumlah besar yodium. Nutrisi ini diperlukan untuk fungsi tiroid yang tepat dan menjaga metabolisme berjalan secara optimal.

Salmon juga sarat dengan asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, yang diketahui memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolisme.

3. Kentang rebus

6 Makanan Sehat Bantu Sukseskan Diet BundaFoto: iStock

Mengonsumsi kentang rebus dipercaya dapat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Kentang sangat tinggi potasium, mereka juga mengandung beragam nutrisi yang diperlukan tubuh.

Makan kentang rebus bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga Bunda bisa makan lebih sedikit pada jam berikutnya. Jika membiarkan kentang mendingin sebentar setelah mendidih, maka kentang akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan berat badan.

4. Alpukat

Alpukat sarat dengan lemak sehat. Buah ini tinggi kandungan asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun.

Meskipun sebagian besar lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat. Penelitian menunjukkan, kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat.

5. Cabai

6 Makanan Sehat Bantu Sukseskan Diet BundaFoto: Instagram

Cabai dipercaya bermanfaat untuk diet dan menurunkan berat badan. Buah ini mengandung capsaicin, suatu zat yang terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Sebuah studi menunjukkan, makan satu gram cabai merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak pada orang yang tidak rutin makan cabai. Namun, cabai ini tidak ada efek pada orang yang terbiasa makan makanan pedas.


6. Yoghurt

Yoghurt adalah olahan susu yang baik dikonsumsi. Jenis yoghurt tertentu mengandung bakteri probiotik yang dapat meningkatkan fungsi usus.

Memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi terhadap peradangan dan resistensi leptin, yang merupakan salah satu pendorong hormon utama obesitas.

Namun, pastikan pilih yoghurt yang kaya lemak. Studi menunjukkan, susu penuh lemak dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas dan diabetes tipe dua. Sedangkan yoghurt rendah lemak biasanya sarat dengan gula, jadi yang terbaik adalah menghindarinya.

Gimana Bunda, makin semangat ya dietnya?

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi