parenting

Ibu yang Punya 3 Anak Lebih Gampang Stres, Benarkah?

Annisa Karnesyia Kamis, 25 Apr 2019 19:02 WIB
Ibu yang Punya 3 Anak Lebih Gampang Stres, Benarkah?
Jakarta - Banyak anak katanya banyak rezeki, Bun. Walau yang pasti, enggak mudah mengurus anak banyak ya.

Menurut survei yang dilakukan Today Parents pada 7.000 ibu di Amerika tahun 2013, ibu yang memiliki anak tiga cenderung mengalami stres dibanding yang memiliki satu atau dua anak. Tapi, ibu yang memiliki empat anak atau lebih justru tingkat stresnya rendah.

Semakin sering orang tua mengalami masa kritis mengurus banyak anak, disebutkan hidupnya semakin mudah, Bun. Ibu dengan tiga anak cenderung mengalami stres karena faktor keuangan dan beban mengurus anak.


Dari skala 1 sampai 10, dengan 10 adalah yang paling stres, rata-rata ibu menilai tingkat stresnya di nilai 8,5. Sebanyak 75 persen ibu mengatakan jika stres disebabkan tekanan untuk menjadi ibu yang sempurna atau penilaian buruk tentang pola asuh dari ibu lainnya.

"Kita selalu mendengar tentang perang antar ibu, tapi sebenarnya yang selalu menilai buruk adalah diri kita sendiri," kata Jill Smokler, penulis buku Motherhood Comes Naturally (And Other Vicious Lies), dilansir Today.

Ilustrasi saudara/Ilustrasi saudara/ Foto: istock

Smokler menambahkan, mengasuh satu atau dua anak masih dalam kategori mudah. Sebab, masa ini tidak terasa seperti transisi yang besar.

"Saat ibu mengurus dari dua ke tiga anak, semuanya berubah. Secara fisik melelahkan dan tiba-tiba merasa stres berkelanjutan," ujar Smokler.

Hasil survei juga menunjukan jika sebanyak 46 persen ibu mengatakan suami adalah penyebab stres dibandingkan anak. Lalu, sebanyak 60 persen merasa kurangnya waktu untuk melakukan segalanya dengan baik dan cepat adalah penyebab stres.

Dr.Janet Taylor, psikiater dari New York mengatakan bahwa ibu yang stres adalah masalah umum yang sering dijumpai. Stres bahkan membuat sebagian ibu lupa melakukan hal menyenangkan lain.

"Ibu sebenarnya menyadari jika waktu mereka hilang untuk mengurus diri sendiri. Sampai lupa untuk membeca buku, berolahraga, melakukan hobi yang menyenangkan, bahkan sebagian lupa untuk mandi," kata Taylor.


Taylor percaya jika seorang ibu justru mendapatkan ritme mengasuh saat memiliki anak tiga. Saat memiliki anak keempat, ibu akan lebih percaya diri lagi.

"Semakin banyak memiliki anak, semakin ibu percaya diri dengan kemampuan mengasuh anak. Ibu hanya perlu menjalaninya dan selalu bersyukur," tutur Taylor.

Melihat hasil survei, Taylor menyarankan ibu untuk beristirahat dan berani bilang tidak. Daripada memaksakan diri, lebih baik Bunda coba sisihkan waktu 10 menit untuk fokus dengan apa yang diinginkan.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi