parenting

Bangganya Tora Sudiro Si Kecil Ikut Kompetisi Tari Internasional

Annisa Karnesyia Kamis, 09 May 2019 14:33 WIB
Bangganya Tora Sudiro Si Kecil Ikut Kompetisi Tari Internasional
Jakarta - Prestasi membanggakan diraih putri kedua Tora Sudiro, Nayara Kanahaya Sudiro, Bun. Pasalnya, Nayara baru saja menorehkan prestasi di ajang kompetisi tari tingkat dunia, World of Dance Championship.

Sebagai ayah, Tora mengaku bangga dengan prestasi anaknya. Apalagi, Nayara berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

"World of Dance ini adalah suatu kompetisi dance tingkat dunia, jadi semua para penari-penari ingin banget ikutan kompetisi itu. Dan dari Indonesia, belum pernah ada yang ikutan. Kebetulan anak-anak ini masuk dalam WOD yang junior, dan mereka bangga banget," kata Tora, dikutip dari 20detik.


Namun, Tora agak sedih nih, Bun. Sebab, prestasi Nayara yang sebentar lagi akan bertanding di final kompetisi tari tingkat dunia tidak banyak diketahui publik.

"Sedihnya itu mereka bangga membawa harum nama Indonesia, sementara Indonesianya sendiri enggak tahu," ujar Tora.


Tora Sudiro dan NayaraTora Sudiro dan Nayara/ Foto: Instagram

Meski begitu, dukungan Tora tidak pernah putus pada sang anak. Doa dan harapan selalu diberikan pada Nayana agar bakatnya bisa terus membanggakan.

"Bulan Juli nanti, mereka akan muter-muter ke luar negeri buat yang juara 2 dan 3. Nah, nanti finalnya di Los Angeles, mudah-mudahan sih mereka bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," papar Tora.

"Kalau mereka bisa mengharumkan nama Indonesia, kan kebanggaan tersendiri buat bapaknya ini," lanjutnya.


Keren ya, Bun. Sebagai orang tua, kita memang harus mendukung bakat yang dimiliki anak. Saat anak memiliki bakat dan berprestasi, semua memang tak lepas dari peran orang tua. Sebaiknya orang tua bisa melihat bakat anak sejak dini, lalu membina, mengembangkan, dan mendukungnya dengan baik.

"Sejak usia dini, anak mulai mengembangkan keterampilan psikososialnya yaitu inisiatif, yang dapat merangsang bagaimana anak nantinya mengembangkan kemandirian dan kepercayaan diri," kata Samanta Ananta, psikolog anak dari TigaGenerasi @ Brawijaya Clinic.

Lewat perilaku inisiatif yang muncul, anak bisa mulai mengembangkan sikap berani. Seorang anak yang memiliki prestasi gemilang, merupakan anak yang berani mengambil inisiatif dengan tampil percaya diri serta dengan tujuan yang positif.

Sementara itu, psikolog Intan Erlita mengatakan, potensi atau bakat memang harus selalu dipoles untuk mendapatkan hasil yang gemilang. Terlepas dari apa pun potensi yang dimiliki anak, tentunya orang tua bisa mengarahkannya sesuai kebutuhan anak.

"Untuk para orang tua yang sudah bisa melihat bakat yang dimiliki anak, sebaiknya bisa langsung melatih agar bakat yang dimiliki anak bisa jadi sebuah prestasi. Tetapi harus dipahami juga bahwa bakat akan menjadi prestasi dengan sebuah proses pembelajaran dan latihan," ujar Intan.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi