parenting

Mengenalkan Konsep Tuhan pada Anak di Bulan Ramadhan

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 16 May 2019 12:08 WIB
Mengenalkan Konsep Tuhan pada Anak di Bulan Ramadhan
Jakarta - Bunda punya anak batita alias yang usianya di bawah tiga tahun? Jika iya, enggak ada salahnya lho di bulan Ramadhan ini Bunda mengenalkan konsep Tuhan pada si kecil. Walaupun, mengajari anak tentang Tuhan bisa juga dilakukan sejak dini.

Psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, mengatakan konsep Tuhan bisa dikenalkan pada anak sejak kecil. Gimana caranya?

"Kita ajari anak bahwa Tuhan adalah pencipta kita. Tuhan itu yang memiliki semua yang ada di dunia ini, pecipta alam semesta," kata Ratih saat berbincang dengan HaiBunda.




Dari konsep tersebut, anak bisa kita ajarkan tentang puasa, Bun. Apalagi bulan Ramadhan seperti sekarang bisa jadi momen yang pas. Bunda bisa bilang ke anak, karena kita diciptakan Tuhan, mau enggak mau kita mengikuti apa yang diperintahkan Tuham.

"Ibaratnya kita tunduk pada Allah. Salah satunya Allah punya perintah supaya kita berpuasa dan itu harus kita ikuti," tambah ibu dua anak ini.

Mengenalkan Konsep Tuhan pada Anak di Bulan RamadhanFoto: iStock
Menurut dia, di usia 1,5 tahun anak sudah bisa kok diberi penjelasan simpel seperti itu. Apalagi, dalam keseharian pastinya Bunda pernah lihat kan anak umur 1 tahun ikut ayah dan bundanya salat, walaupun dengan gerakan sesukanya.

"Kayak anak saya. Dia ikut tarawih dan anteng sampai selesai. Di rumah memang udah saya bilang kita ma tarawih. Ini perintah dari Allah. Yang penting sounding aja. Kasih tau aktivitasnya apa. Sama kayak menjelaskan soal puasa," papar psikolog yang juga berpraktik di Klinik Kancil Duren Tiga ini.



Misalnya ketika puasa, si kecil mau menyuapi kita makanan, Bun. Kata Ratih, dia juga pernah mengalami hal itu dan dia katakan ke sang anak bahwa bundanya sedang puasa. Ratih juga menjelaskan jika dia baru bisa makan saat berbuka puasa, di waktu Maghrib.

"Dia bilangnya 'Allah'. Karena kan dia taunya Maghrib itu salat. Saya bilang iya, dia jawab amin. Ya udah enggak apa-apa, yang penting pembiasaan aja dulu. Biasanya, nanti pas anak udah usia prasekolah, baru kita bisa beri penjelasan lebih banyak," pungkas Ratih.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi