sign up SIGN UP search


parenting

Keutamaan Melatih Anak Taat Beribadah Sejak Dini

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 11 Apr 2020 14:16 WIB
Kebiasaan baik penting diperkenalkan sejak dini, termasuk soal ibadah. Sejak kecil anak harus konsisten dilatih agar terbiasa beribadah & menjauhi kemungkaran. caption
Jakarta - Hal dan perilaku baik akan lebih mudah 'terserap' dalam diri anak apabila diperkenalkan sejak dini. Termasuk dalam hal ini yakni kebiasaan beribadah.

Dikutip dari buku Fikih Pendidikan Anak: Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini yang ditulis oleh Musthafa Al'Adawy, sejak kecil anak harus konsisten dilatih agar terbiasa beribadah dan menjauhi kemungkaran, Bun.


Seperti sabda Rasulullah SAW, "Perintahlah anak kalian untuk salat ketika berusia tujuh tahun. Pukullah mereka untuk salat  ketika berusia sepuluh tahun dan pisahkanlah mereka di tempat tidur."


Ini merupakan salah satu contoh kebiasaan yang perlu ditanamkan dan dilakukan orang tua kepada anak, sekalipun mereka masih belum balig.

Penting juga untuk melatih anak berpuasa sejak dini semampunya. Tak perlu memaksakan juga ya, Bun, misalnya anak belum kuat. Cukup lakukan sesuai batas kemampuannya saja.

ilustrasi anak berdoailustrasi anak berdoa/ Foto: iStock
Bunda juga bisa mengikuti fatwa Rasulullah SAW untuk mengajak anak ketika pergi menunaikan ibadah haji atau umrah. Yang terpenting, orang tua harus bisa siap secara fisik dan mental.


Selain itu, Allah SWT juga tidak menyukai kerusakan. Jadi apabila anak melakukan perbuatan yang merusak, arahkan pada perbuatan yang dapat membawa kebaikan. Pada dasarnya, memberi nasihat merupakan satu kewajiban muslim terhadap muslim lainnya.

Cek 8 bahan alami turunkan demam pada anak di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!