parenting

Panduan Menu MPASI Saat Mudik, Hindari Makanan Basah ya Bunda

Maya Sofia Kamis, 16 May 2019 09:03 WIB
Panduan Menu MPASI Saat Mudik, Hindari Makanan Basah ya Bunda
Jakarta - Bunda berencana mudik pertama kali dengan si kecil yang sudah berusia enam bulan? Jika ya, artinya Bunda harus mulai mempersiapkan bekal MPASI untuk sang buah hati saat di perjalanan nanti.

Jika jarak tempuh mudik cukup jauh serta memakan banyak waktu, pastikan pilih MPASI yang sesuai. Menurut Nutrisionis Youvit Rachel Olsen, Bunda sebaiknya hindari makanan basah untuk dijadikan MPASI saat mudik.


"Pilih makanan jangan yang terlalu basah karena itu bisa meningkatkan bakteri lebih banyak. Jadi dia cepat busuk, basi," ujar Rachel kepada HaiBunda, baru-baru ini.


Makanan yang bisa dijadikan MPASI saat mudik antara lain labu. Sementara itu hindari makanan yang mengandung banyak biji, seperti timun.

Labu juga sebaiknya tidak direbus atau dikukus. Rachel menyarankan agar makanan MPASI dipanggang atau dioven.

Bekal MPASI Saat Mudik, Hindari Makanan Basah ya BundaLabu yang dipanggang/ Foto: iStock


"Lebih baik di-baked agar airnya banyak keluar daripada direbus atau dijadikan sup. Lebih baik yang kering-kering saja, tapi gampang di-mashed," tuturnya.

Adapun buah-buahan yang dianjurkan adalah alpukat. Sebab, kata Rachel, kandung pada alpukat hampir mirip seperti ASI.

"Lemak sehatnya tinggi, Omega-3, kandungan nutrisinya tinggi, vitamin E, Zinc," ucapnya.


Nah, makanan MPASI yang sudah disiapkan tersebut sebaiknya ditaruh di tempat makan yang tertutup rapat. Jika makanan masih dianggap terlalu keras bagi bayi, Bunda bisa menambahkan sedikit air putih saat melumatkannya.




(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi