parenting

Puree Zucchini, Kentang, dan Bayam, MPASI Mudik Tinggi Antioksidan

Asri Ediyati Selasa, 21 May 2019 19:30 WIB
Puree Zucchini, Kentang, dan Bayam, MPASI Mudik Tinggi Antioksidan
Jakarta - Jika Bunda mudik menggunakan mobil, tentunya Bunda dan anak tak bisa terhindarkan dari paparan polusi udara. Kita tahu di dalamnya mengandung radikal bebas dan zat beracun lainnya. Sebagai penangkal, Bunda bisa berikan lewat makanan pendamping ASI (MPASI) yang kaya antioksidan.

Mengapa perlu makanan yang kaya antioksidan? Dikutip dari BBC Health, seorang pesepeda (orang dewasa) yang terkena paparan polusi udara dianjurkan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengandung antioksidan untuk menangkal atau mengurangi radikal bebas yang terhirup. Apalagi masih anak-anak ya, Bun.


Tentunya anak-anak akan sangat dianjurkan karena masih dalam pertumbuhan. Kali ini HaiBunda akan membagikan resep puree zucchini, kentang, dan bayam. Ketiga bahan tersebut kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral lainnya.


Mengutip dari Kidspot, zucchini adalah sayuran yang enak untuk dicampurkan dengan apa saja, bentuknya seperti mentimun. Zucchini mengandung kalium, folat, dan vitamin C yang tinggi. Sedangkan kentang, selain antioksidan juga pastinya mengandung karbohidrat untuk energi. Lalu, bayam merupakan sayuran tinggi zat besi dan asam folat.
ZucchiniZucchini/ Foto: iStock
Berikut resep puree zucchini, kentang, dan bayam.

Bahan:

1 zucchini kecil
1 kentang
Segenggam daun bayam, cincang halus
1 sendok teh air (atau ASI atau susu formula) jika diperlukan

Cara membuat:

1. Rebus atau kukus zucchini dan kentang sampai empuk dan matang. Kukus bayam perlahan sampai layu.

2. Campurkan bahan dan haluskan dengan konsistensi yang diinginkan, tambahkan sedikit air jika diperlukan.


Catatan:

Puree dapat dibekukan hingga empat pekan.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi