parenting

Cara Aman Menyiasati Bawa MPASI dalam Perjalanan Mudik Jauh

Asri Ediyati Jumat, 17 May 2019 19:33 WIB
Cara Aman Menyiasati Bawa MPASI dalam Perjalanan Mudik Jauh
Jakarta - Membawa anak untuk mudik, apalagi perjalanannya jauh rasanya enggak semudah yang dibayangkan. Ada saja drama yang bisa terjadi, salah satunya kesalahan saat membawa MPASI terutama yang homemade.

Menurut dr.Arti Indira, M.Gizi, Sp.GK, kita perlu perhitungkan porsi bahan dasar MPASI berdasarkan lokasi yang dituju. Jadi kita ingat-ingat dulu kampung halaman, Bun, apakah dekat dengan pasar atau tidak.


"Lihat dahulu tempat asalnya, kalau bisa beli di sana kan enggak pusing bawa makannya. Beli bahan dasarnya di pasar sana, beras, daging ikan ayam itu ribet kan kalau bawa sendiri, buah sayur segar juga suka susah, hanya beberapa hari saja tahannya," kata Arti kepada HaiBunda.


Kecuali pasarnya jauh, Bun. Menurut pengalaman pribadi Arti, semua bahan makanan ia bekukan dan dalam keadaan setengah matang.

"Misalnya bawa ikan, ayam, daging, dibumbui. Sayur buah bawa secukupnya saja, yang anak-anak suka. Makanan yang di-frozen itu kalau bisa wadah cooler-nya yang plastik. Bahan tadi sudah ditaruh di kantong plastik, lalu dilapisi cooler gel, ditutupi kain," papar dokter yang berpraktik di Mayapada Hospital, Lebak Bulus.

Ingat semakin bagus packing-nya, semakin tahan, Bun. Kata Arti bisa tahan 10-12 jam. Begitu sudah sampai kampung halaman, langsung pindahkan makanan ke kulkas.

"Kalau mencairnya sedikit ditaruh freezer, kalau mencairnya banyak taruh di chiller dan sesegera mungkin dikonsumsi," ujar Arti.

Arti bilang jangan diambil pusing, karena jika mengacu saran WHO, menu empat bintang sebenarnya sudah gampang. Jadi mereka anak-anak di atas enam bulan sudah bisa makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh keluarga.

"Tapi yang harus diperhatikan pedas atau tidak, gula garamnya. Misalnya ibu makan gudeg, ya boleh saja, gudegnya itu disesuaikan dengan kemampuan teksturnya. Masih enam bulan harus lebih halus," tutur Arti.

Sebaiknya makanan homemade atau instan? Itu semua tergantung preferensi anaknya. Nah, Arti bilang, kalau mau kasih yang instan dicobakan dulu beberapa hari sebelum mudik.


"Anak soalnya belum tentu mau, jadi dicoba dahulu tiga hari atau lima hari sebelum. Kalau benar-benar enggak suka jadi mau enggak mau bawa yang homemade," ujarnya.

Bunda juga bisa melihat resep Sup Makaroni tomat sebagai menu sahur dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi