parenting

Saat Anak Lebih Suka Menyusu daripada Makan MPASI Ketika Mudik

Asri Ediyati Selasa, 21 May 2019 18:00 WIB
Saat Anak Lebih Suka Menyusu daripada Makan MPASI Ketika Mudik
Jakarta - Tak terasa kita hampir memasuki pekan ketiga bulan Ramadhan. Bunda akan melakukan mudik dengan si kecil di akhir bulan nanti? Nah, biasanya ada banyak 'amunisi' yang perlu dipersiapkan saat mudik salah satunya mempersiapkan makanan pendamping ASI (MPASI).

Namun, bagaimana jika di perjalanan nanti anak lebih suka menyusu daripada makan? Menjawab hal ini, kata konselor laktasi dr.Ameetha Drupadi, hal tersebut enggak masalah, asal anak sudah diberi makan dahulu sebelum berangkat.


"Jadi tipsnya sebelum berangkat anak dikasih makan dahulu. Nanti perjalanan boleh menyusui saja," kata Ameetha kepada HaiBunda.


Ameetha menyarankan lebih baik Bunda menyusui secara langsung. Selain bagus untuk anak, tentunya lebih simpel dan enggak perlu banyak perlengkapan yang harus dibawa.

"Biasanya kalau anak enggak mau makan saat perjalanan mudik. Bisa jadi dia bosan dengan makanannya," ujarnya.

Ameetha bilang, Bunda perlu pintar membuat kreasi menu MPASI supaya anak enggak bosan. Jadi kalau dia bosan misalnya sama nasi, bisa kita ganti kentang atau kalau enggak ada alergi bisa ditaburi keju.

"Tapi biasanya sih, kalau kita memberikan MPASI sesuai jadwal, anak akan lapar. Tapi kalau kita lagi dalam keadaan repot atau tidak memungkin bisa berikan yang instan," tutur Ameetha.


Baik menyusui atau makan saat perjalanan mudik itu penting untuk anak karena bisa mengurangi mabuk perjalanan. Jika memang perjalanannya akan membuat mabuk (jalanan naik-turun, tikungan tajam), Ameetha menyarankan untuk memberikan makanan secara sedikit-sedikit.

"Mabuk biasanya terjadi karena keseimbangan di otak goyah (karena kita dalam mobil yang bergerak). Ketika anak mengunyah atau menyusui akan mengurangi mabuk perjalanan. Kalau perjalanan jauh, jalanannya naik turun, yang pertama pilihannya bisa makanan instan, MPASI-nya sedikit-sedikit saja," kata Ameetha.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi