parenting

Menjawab Pertanyaan Anak 'Kok Bunda Enggak Puasa?'

Radian Nyi Sukmasari Senin, 27 May 2019 14:13 WIB
Menjawab Pertanyaan Anak 'Kok Bunda Enggak Puasa?'
Jakarta - Saat haid, wanita memang tidak dibolehkan puasa. Nah, ketika memiliki anak balita, kondisi bunda yang tidak puasa padahal sebelumnya puasa bisa mengundang rasa penasaran. Alhasil, pertanyaan kenapa Bunda enggak puasa terlontar dari mulut anak.

Jika si kecil bertanya seperti itu saat Bunda haid, psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi menyarankan jelaskan bahwa memang Bunda sedang haid. Enggak perlu canggung, Bun. Sebab, kata Ratih itu termasuk dalam seks edukasi.




"Kita jelaskan aja ada satu kodisi di mana perempuan mengalami menstruasi atau haid. Nah, haid itu kondisinya kita enggak boleh puasa, enggak boleh salat karena lagi mengeluarkan darah," papar Ratih saat berbincang dengan HaiBunda.

Psikolog dari RaQQi Human Development and Learning Centre ini menambahkan, Bunda perlu menjelaskan ke anak bahwa darah yang keluar saat haid bikan darah penyakit. Bukan pula darah seperti karena terluka.



"Tapi, kita katakan itu adalah sesuatu yang harus dikeluarkan tiap bulan. Nanti kalau sudah enggak haid, ya bisa puasa lagi. Sampaikan aja kayak gitu," tambah Ratih.

Jika kebetulan si kecil sedang berlatih puasa, Ratih bilang alangkah baiknya jika kita menghargai mereka, Bun. Artinya, kita enggak makan minum di depan mereka. Dengan begitu, secara enggak langsung kita menghargai anak yang sedang berpuasa, meski mereka baru berlatih.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi