parenting

3 Kegiatan Kreatif untuk Mengisi Waktu Anak Selama Puasa Ramadhan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 12 May 2019 18:00 WIB
3 Kegiatan Kreatif untuk Mengisi Waktu Anak Selama Puasa Ramadhan
Jakarta - Menghadapi anak yang sedang belajar puasa, memang butuh kesabaran ya, Bun. Mereka biasanya jadi lebih sering lihat jam dan menanyakan masih berapa lama lagi waktu berbuka.

Wah, kalau sudah begini, kita harus pintar menciptakan aktivitas yang menarik untuk mengisi waktu anak selama berpuasa.


Memberikan kegiatan kreatif untuk anak selama Ramadhan memang penting. Membuat waktu mereka aktif bermain, pasti bisa mengalihkan perhatian dari waktu berbuka puasa. Manfaat lainnya, bisa membuat bonding anak dan orang tua jadi makin erat.


3 Kegiatan Kreatif untuk Mengisi Waktu Anak Selama Puasa RamadhanAktivitas menyenangkan selama Ramadhan/ Foto: iStock

"Menghabiskan waktu dengan anak memang sangat penting. Orangtua pun perlu mempertimbangkan kegiatan apa untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak untuk membuat mereka merasa dicintai,"ujar Prof Olufunlayo Bammeke, professor of sociology, dikutip dari Punchng.

Sambil menunggu waktu berbuka, Bunda bisa mengajak buah hati untuk melakukan aktivitas ringan yang menyenangkan. Berikut beberapa ide kreatif yang bisa dicoba, Bun, seperti dikutip dari laman The Ideal Muslimah:

3 Kegiatan Kreatif untuk Mengisi Waktu Anak Selama Puasa RamadhanAnak bermain di Masjid/ Foto: Pradita Utama

1. Membuat kartu Ramadhan atau Lebaran

Mengisi bulan Ramadhan, sepertinya menjadi waktu yang tepat untuk mengajak mereka berkreasi dengan seni. Salah satunya membuat kartu ucapan Ramadhan atau Lebaran.

Ajak si kecil membuat kartu ucapan dengan bahan-bahan sederhana di rumah. Kemudian, Bunda dapat mengajak mereka mengirimkan kartu tersebut untuk orang-orang tercinta.

2. Membacakan Cerita

Cobain yuk, Bun ceritakan kisah nabi untuk memotivasi puasa mereka. Selain itu, Bunda bisa memanfaatkan dongeng atau cerita untuk menanamkan semangat bulan Ramadhan di hati anak-anak.

Pilihlah buku dengan cerita Ramadhan dan bacakan dengan intonasi dan gerakan yang menarik minat mereka. Pengalaman ini akan membantu anak dalam menanamkan benih-benih iman dan pemahaman Ramadhan dalam kehidupan mereka.

3. Pergi ke masjid bersama

Biarkan anak belajar tentang doa khusus yang dapat mereka baca di bulan Ramadhan. Bunda dapat mengajak anak-anak ke masjid untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama mereka dengan membaca Al Quran dan berdoa bersama.


Nah, ada banyak kegiatan yang bisa dicoba kan, Bun. Mau mulai mencoba yang mana dulu nih?

Bunda, simak juga yuk cara Zaskia Mecca mengenalkan puasa pada anaknya dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi