parenting

Siapkan Baju Lebaran Sambil Ajari Si Kecil Doa Memakai Baju Baru

Ratih Wulan Pinandu Minggu, 26 May 2019 12:00 WIB
Siapkan Baju Lebaran Sambil Ajari Si Kecil Doa Memakai Baju Baru
Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari, persiapan di rumah sudah beres semua, Bun? Selain kue lebaran, masyarakat Indonesia biasanya punya tradisi memakai baju baru saat Hari Raya tiba. Keluarga Bunda salah satunya?

Bagi sebagian orang tua, membelikan anak-anak baju baru adalah reward atas puasa yang mereka jalani sebulan penuh. Pemberian hadiah bagi anak-anak bisa memicu semangat untuk mempertahankan amalan ibadah selama Ramadhan.


Membelikan mereka baju lebaran juga bagus untuk mengajari arti bersyukur. Sebab itu, jangan lupa untuk mengajari si kecil doa memakai baju baru. Melansir buku 99 Doa & Dzikir Harian untuk Anak, berikut doa yang bagus diajarkan ke anak-anak.


Allahumma lakal hamdu anta kasawtaniihi, as-aluka min khairihi wa khairi maa shuni'alahu, wa a'uudzubika min syarrihi wa syarri maa shuni'a lahu.

Artinya, "Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya." (HR. Abu Dawud, Al-Baghawi, Hakim, Tirmidzi).

Siapkan Baju Lebaran Sambil Ajari Si Kecil Doa Memakai Baju BaruIlustrasi baju lebaran/ Foto: iStock

Tapi ingat, urusan membeli baju lebaran ini bukan sesuatu yang wajib ya, Bun. Sesuaikan dengan masing-masing keuangan Bunda dan Ayah di rumah. Membeli baju lebaran memang sebaiknya tidak menjadi tradisi di dalam keluarga, sehingga anak-anak tidak berharap berlebihan ketika lebaran datang.

Menurut psikolog anak dari Tiga Generasi, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, penting menanamkan esensi lebaran yang sesungguhnya dibanding baju lebaran itu sendiri.


"Kita bisa kok tunjukkan kesenangan lain yang bisa diperoleh anak seperti, bisa kumpul dengan keluarga, beribadah bersama atau adanya tradisi mudik dan sebagainya," tutur Vera.

Semoga bermanfaat ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi