parenting

Bunda, Hindari Membuat MPASI dari Makanan Restoran Saat Mudik

Maya Sofia Senin, 20 May 2019 13:33 WIB
Bunda, Hindari Membuat MPASI dari Makanan Restoran Saat Mudik
Jakarta - Saat melakukan perjalanan mudik bersama balita, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Apalagi jika anak baru saja menginjak usia enam bulan.

Selain masih mendapatkan ASI, anak usia enam bulan juga sudah mulai diperkenalkan dengan MPASI alias Makanan Pendamping ASI. Namun, membuat MPASI saat mudik terkadang membuat orang tua kewalahan. Alhasil, makanan dewasa yang dipesan di restoran atau tempat makan jadi solusi.


Biasanya, makanan tersebut dilumatkan dengan sendok atau garpu hingga menjadi halus. Namun apakah makanan ini aman bagi bayi? Nutrisionis Youvit Rachel Olsen menilai bahwa makanan yang dipesan dari tempat makan atau restoran sudah tercampur oleh garam dan gula yang banyak sehingga tidak baik bagi bayi.


Jika memang kondisinya darurat, Rachel menyarankan agar bunda memesan makanan khusus kepada pihak restoran yang belum dibumbui garam, gula, dan MSG. Sebab bayi usia enam bulan sebaiknya menghindari makanan olahan seperti itu.

Hindari Buat MPASI dari Makanan Restoran saat MudikBayi di restoran/ Foto: iStock


"Lebih baik request saja. Boleh enggak rebus kentangnya dari dish ini karena kalau sudah dicampur ada garam yang banyak, ada gula yang banyak," ucapnya kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Sementara itu, jika Bunda membawa bekal MPASI dari rumah, ada baiknya membawa makanan yang tidak basah. Salah satunya labu kuning dan alpukat.


Labu kuning tersebut, lanjut Rachel, juga sebaiknya dipanggang lebih dahulu agar kandungan air di dalamnya keluar.

"Lebih baik di-baked agar airnya banyak keluar daripada direbus atau dijadikan sup. Lebih baik yang kering-kering saja, tapi gampang di-mashed," tuturnya.

[Gambas:Video Haibunda]




(som/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi