parenting

Angpao Lebaran, Paling Ditunggu Isyana Sarasvati Waktu Kecil

Yuni Ayu Amida Jumat, 31 May 2019 17:01 WIB
Angpao Lebaran, Paling Ditunggu Isyana Sarasvati Waktu Kecil
Jakarta - Enggak hanya saat perayaan Imlek, tradisi angpao juga ada di momen Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Pastinya, acara bagi-bagi angpao menjadi kegembiraan tersendiri khususnya untuk anak-anak ya, Bun.

Rupanya, penyanyi Isyana Sarasvati waktu kecil pernah merasakan bahagianya dapat angpao Lebaran. Bahkan, tradisi angpao lebaran ini adalah sesuatu yang dia tunggu-tunggu saat lebaran.

"Suka, aku biasanya waktu kecil sampai SMP tuh masih menggebu-gebu banget nunggu Lebaran karena biasanya tante-tante tuh pada nyawer uang Lebaran. Aku selalu tungguin banget sih, mulai dari biasanya yang ngasih 10 ribu sampai 100 ribuan," ujar Isyana kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.



Namun, menunggu angpao bukan artinya hal tersebut paling diincar Isyana. Diakui gadis 25 tahun ini, makna lebaran sendiri adalah momen di mana seluruh keluarga besarnya berkumpul.

"Enggak (mengincar) juga sih, enggak mata duitan, tapi pokoknya aku nunggu Lebaran buat ketemu keluarga besar jadi bukan angpaonya yang dikejar tapi lebih quality time bersama keluarga besar," tuturnya.

"Karena itu paling jarang terjadi di keluarga aku, jadi tiap Lebaran tuh bener-bener jadi momen quality time bersama," sambungnya.

Angpao Lebaran, Paling Ditunggu Isyana Sarasvati Waktu KecilIsyana Sarasvati dan ibundanya/ Foto: Instagram/@marpanda
Tapi, seiring bertambahnya usia, penyanyi yang dipercaya membawakan hits A Whole New World untuk soundtrack film Aladdin ini sudah enggak dapat angpao lagi. Sebaliknya, dia yang sekarang selalu memberikan angpao untuk keponakan yang masih kecil.

Soal tradisi memberikan angpao pada anak, menurut psikolog anak dan remaja Alzena Masykouri, M.Psi, membelanjakan angpao Lebaran tergantung bagaimana kesepakatan anak dan orang tua. Selain itu, sebenarnya angpao bisa menjadi sarana belajar mengelola keuangan bagi anak usia sekolah.

"Angpao, sama dengan hadiah dan uang saku, hukumnya adalah milik dan hak anak. Jadi, gunakan kesempatan ini untuk melatih anak mengelola keuangannya," ujar psikolog yang akrab disapa Zena ini, dikutip dari detikcom.

Zena menjelaskan, orang tua bisa membuat kesepakatan dengan anak tentang bagaimana proporsi belanja, berbagi, dan menabung. Untuk anak yang lebih kecil, orang tua boleh membantu mengelola keuangan karena bisa saja angpao yang diterima jumlahnya lumayan besar.


Nah, Bunda yang masih bingung mengajak anak liburan ke mana saat Lebaran, simak deh video di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi