parenting

3 Nilai Positif untuk Anak dari Film 'The Secret Life of Pets 2'

Annisa Karnesyia Selasa, 04 Jun 2019 07:57 WIB
3 Nilai Positif untuk Anak dari Film 'The Secret Life of Pets 2'
Jakarta - Apa jadinya jika binatang peliharaan kita bisa bicara dan memiliki kehidupan yang seru, Bun? Petualangan seru ini kembali dibawa sutradara Chris Renaud ke layar lebar melalui The Secret Life of Pets 2.

Pada sekuel pertamanya, tokoh Max yang seekor anjing peliharaan diceritakan harus menghadapi rasa cemburu dengan anjing peliharaan baru bernama Duke. Di film kedua ini, Max dan teman-teman bintang peliharaan lainnya punya pengalaman seru untuk menghadapi rasa takut, Bun.

The Secret Life Of Pets 2The Secret Life Of Pets 2/Foto: thesecretlifeofpets.com




Film produksi Illumination ini menceritakan kisah Max yang berubah menjadi overprotective saat pemiliknya, Katie, menikah dan memiliki anak. Max merasa memiliki tugas penting untuk menjaga keselamatan anak pemiliknya yang bernama Liam.

Nah, dalam perjalanan wisata keluarga ke peternakan, Max ditemani Duke belajar untuk mengatasi ketakutan dari anjing peternakan bernama Rooster. Di saat bersamaan, teman Max, Gidjet dan si kelinci Snowball berpetualang sendiri untuk mengatasi rasa takutnya.

Dalam satu waktu, semua binatang peliharaan ini diuji keberaniannya, Bun. Mereka harus bisa menolong satu sahabat baru, Hu, si bayi macan sirkus untuk bebas dari pemiliknya yang kejam.

Film ini begitu menarik dengan kisah petualangan berbau komedi ringan yang cocok ditonton si kecil. Belum lagi beberapa nilai moral yang bisa ditanamkan, Bun.

1. Menolong sesama yang kesulitan

Hidup sebagai binatang peliharaan ternyata memberikan banyak nilai positif pada Max dan teman-temannya. Saat melihat ada anak macan bernama Hu yang diperlakukan buruk oleh pemiliknya, mereka segera menolong, Bun.

Meski nyawa taruhannya, dengan tekad yang kuat untuk menolong, semua binatang peliharaan ini mampu mengatasinya. Menurut direktur perkembangan perilaku anak di Cincinnati Children's Hospital Medical Center, David Schonfeld, M.D, menolong adalah dorongan yang muncul dengan sendirinya.

"Awalnya anak menolong untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, lalu untuk mendapat pujian. Akhirnya, mereka melakukannya karena ingin membantu orang lain," kata Schonfeld, dilansir Parents.

Schonfeld juga menekankan peran penting orang tua, Bun. Katanya orang tua harus menjadi role model yang membantu anak mempraktikkan cara menolong yang benar.

The Secret Life Of PetsThe Secret Life Of Pets 2/ Foto: Official website The Secret Life Of Pets 2

2. Berani mengambil risiko

Tokoh Max diceritakan sebagai anjing peliharaan yang penakut. Sanking takutnya, dia selalu khawatir dengan segala hal dan enggak berani mengambil risiko untuk membantu orang lain.

Untunglah, Max bertemu dengan Rooster. Anjing peternakan yang berani dan disegani binatang peliharaan lainnya. Meski awalnya Max menolak bantuan Rooster, dia akhirnya belajar berani untuk menolong orang lain. Max juga mulai membuka pikirannya tentang dunia yang enggak selalu menakutkan.


Penulis buku anak Lizzy the Lioness, Lisa Bevere, mengatakan bahwa ada waktu di mana keberanian bisa didapatkan karena meminta bantuan. Kita memutuskan meminta bantuan bukan karena lemah, tapi karena dorongan untuk diri sendiri.

"Kita terkadang lupa butuh bantuan untuk menjadi berani," ujar Bevere.

Jadi, jangan pernah takut mengajarkan anak untuk meminta bantuan ya, Bun. Keberanian bisa muncul jika kita berani mengambil risiko dengan bantuan orang lain.

The Secret Life Of Pets 2The Secret Life Of Pets 2/ Foto: Official website The Secret Life Of Pets 2

3. Setia Kawan

Menjadi setia kawan bukan hanya saat teman membutuhkan kita. Max dan teman-temannya memang sudah lama berteman, jadi soal loyalitas, enggak perlu dipertanyakan lagi.

Saat Max pergi berlibur, anjing lucu Gidget dengan senang hati menjaga mainan kesayangan Max. Sedangkan, si kelinci Snowball melupakan ketakutannya untuk menolong sahabatnya Daisy yang dijahati pemilik sirkus.

Rasa setia kawan ini patut dicontoh dan diajarkan ke anak, Bun. Melansir dari Pop Sugar, mengajarkan anak persahabatan dan setia kawan memang butuh kerja keras.


Seperti hubungan lainnya, penting untuk memberikan anak kita cara mencari teman yang baik sekaligus menjadi teman yang baik. Mulailah dengan meningkatkan rasa percaya diri mereka, lalu jadilah role model yang bisa dicontoh anak.

Ajarkan anak tentang pentingnya memperlakukan orang lain dengan baik. Selain itu, ajarkan tentang menghargai dan menghormati sikap dan pandangan orang lain.

Wah, menarik ya, Bun? Dari potongan cerita The Secret Life of Pets 2 ini kita sudah bisa mendapatkan nilai-nilai moral yang bisa diajarkan ke anak. Biar enggak penasaran, Bunda bisa ajak si kecil menyaksikan film keluarga ini pada tanggal 14 Juni 2019. Pas, banget nih, mumpung lagi libur sekolah, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi