parenting

Manfaat Memilih Bantal yang Tepat untuk Kesehatan Keluarga

Muhayati Faridatun Sabtu, 15 Jun 2019 06:58 WIB
Manfaat Memilih Bantal yang Tepat untuk Kesehatan Keluarga
Jakarta - Bunda dan keluarga selalu menggunakan bantal kepala saat tidur? Jangan sampaiĀ salah pilih bantal ya, biar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Menurut penjelasan dr.Boy Abidin, Sp.OG(K) dalam program dr.Oz Indonesia Trans TV, tidur harus menggunakan bantal yang tepat, yang bisa menyangga leher, pundak, dan tulang punggung, dengan baik.




Boy memaparkan, pengaruh bentuk bantal yang digunakan saat tidur terhadap kesehatan leher dan tulang belakang. Berikut tiga bentuk bantal tersebut:

1. Bantal yang terlalu tinggi atau tebal akan menyebabkan posisi tulang belakang menjadi tidak lurus, sehingga akan menarik saraf-saraf di sekitar leher dan tulang belakang.

"Waktu tidur tidak terasa, tapi setelah bangun baru terasa," kata Boy.

2. Bantal terlalu tipis juga menyebabkan tulang punggung membentuk sudut, saat tidur dengan posisi miring. Jadi, saraf leher dan tulang punggung juga akan terganggu.

3. Bantal yang ideal adalah yang tinggi atau tebalnya sesuai dengan sudut tulang belakang. "Selain tingginya, keras atau lembutnya bantal juga memengaruhi," tegas Boy.

Manfaat Memilih Bantal yang Tepat untuk Kesehatan KeluargaIlustrasi memilih bantal yang tepat untuk tidur/ Foto: iStock
Ia menambahkan, sebenarnya secara medis, tidur yang paling baik adalah tidak menggunakan bantal. Kebiasaan ini, menurut Boy, justru bisa mencegah sakit leher karena sudut tulang belakang cenderung lebih lurus alami. Jadi, kualitas tidur lebih baik, Bun.

"Tidur tanpa bantal juga bisa mencegah insomnia dan tidur lebih nyenyak," ujar Boy.

Mengutip Doctor NDTV, tidur tanpa menggunakan bantal kepala ternyata banyak manfaatnya lho, Bunda. Bukan hanya bagi orang dewasa, tapi juga untuk kesehatan bayi.

Berikut tujuh manfaat tidur tanpa menggunakan bantal kepala:

1. Mencegah jerawat dan keriput
2. Mencegah sakit tulang punggung
3. Meningkatkan kualitas tidur
4. Mencegah stres
5. Meningkatkan daya ingat
6. Menghindari sindrom kepala datar pada bayi
7. Mencegah keseleo pada leher bayi


Bunda, simak juga penjelasan dr.Boy Abidin, Sp.OG(K) tentang tips memilih bantal, selengkapnya dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi