parenting

Usia Berapa Anak Boleh Diperkenalkan Komputer?

Maya Sofia Selasa, 18 Jun 2019 14:12 WIB
Usia Berapa Anak Boleh Diperkenalkan Komputer?
Jakarta - Tingkat persaingan yang semakin tinggi membuat orang tua masa kini berusaha meningkatkan kemampuan anak-anaknya dengan berbagai cara. Seperti mendaftarkan anak les renang, piano, Bahasa Inggris, hingga komputer.

Nah berbicara soal les komputer Bun, sebetulnya di usia berapa sih anak baru boleh diperkenalkan dengan alat elektronik tersebut? Menurut CEO Cody's App Academy, Wisnu Sanjaya, usia yang cocok untuk memperkenalkan anak ke dunia komputer dan gadget adalah ketika dia dianggap sudah bisa bertanggung jawab atas penggunaannya.


Tingkat dewasa anak, lanjut dia, berbeda-beda. Bisa anak usia kelas 1 atau bahkan kelas 2 sekolah dasar. Namun, ada juga kondisi di mana anak tidak direkomendasikan untuk diperkenalkan pada komputer.


"Sangat tidak kami rekomendasikan untuk diperkenalkan di dunia gadget dan komputer jika sejak awal mereka belum mengenal gadget dan komputer sama sekali," ujar Wisnu kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Wisnu menjelaskan, komputer sesungguhnya merupakan salah satu media yang bisa digunakan anak untuk mengasah kreativitas. Seperti belajar membaca, menghitung, Bahasa Inggris, ensiklopedia, bermain game dan belajar programming.

Di Usia Berapa Anak Baru Boleh Diperkenalkan KomputerIlustrasi anak menggunakan komputer. (Foto: iStock)

Diakui Wisnu, membiarkan anak bermain video games di komputer masih menjadi hal yang kontroversial di kalangan orang tua. Padahal, kata dia, dengan bermain game, anak akan belajar banyak hal. Mulai dari belajar Bahasa Inggris, belajar sejarah dunia, melatih motorik, logika, dan bahkan bisa juga dimanfaatkan untuk belajar tentang materi pelajaran di sekolah.

"Selain itu di zaman sekarang, anak usia dini bahkan sudah bisa belajar membuat game di komputer. Bahkan hal ini dapat dimulai sejak anak masih kelas 1 Sekolah Dasar," ucapnya.

Sementara itu, untuk bahasa pemrograman atau programming, lanjut Wisnu, bisa diperkenalkan pada anak yang sudah terbiasa menggunakan gadget atau komputer. Anak bisa diarahkan belajar programming untuk membuat game asalkan mereka sudah bisa membaca, menulis, dan menghitung sederhana.

Wisnu menjelaskan bahwa belajar programming sangat melatih logika anak. Sebab, untuk membuat perintah programming yang baik, anak harus berpikir secara logis.

Selain melatih logika, anak juga akan terlatih kreativitasnya karena mereka juga akan belajar menggambar, membuat cerita dan game design.

"Jadi akan ada banyak hal yang akan dipelajari anak dan hal ini sangat penting untuk orang tua yang masih belum tahu minat dan bakat anak," kata Wisnu.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi