parenting

Sweet, Reza Artamevia Ungkap Kedua Putrinya Tak Pernah Bertengkar

Asri Ediyati Minggu, 23 Jun 2019 14:04 WIB
Sweet, Reza Artamevia Ungkap Kedua Putrinya Tak Pernah Bertengkar
Jakarta - Penyanyi Reza Artamevia mengungkap kebahagiaan atas kedua putrinya. Dilansir InsertLive, Reza bercerita kalau kedua putrinya. Zahwa Rezi Massaid dan Aaliyah Annisa Jeffar Massaid tak pernah bertengkar hebat. Reza juga tak membiarkan keduanya berselisih dengan segala persoalan yang terjadi.

Reza bilang, sejauh ini Zahwa dan Aaliyah selalu bisa saling mengerti satu sama lain. Ia bersyukur keduanya sama-sama bersifat dewasa.


"Alhamdulillah tidak pernah, jangan sampai amit-amit. Sampai pada tahap yang namanya ribut gitu enggak pernah," kata Reza.


Penyanyi berusia 44 tahun itu menjelaskan bahwa dia selalu mendidik agar Zahwa dan Aaliyah terus menjalin hubungan yang damai. Sejak kecil, Zahwa dan Aaliyah tidak pernah bertengkar.

"Anak saya itu mereka enggak ada konflik ya, enggak pernah," ujar Reza.

Sweet, Reza Artamevia Ungkap Kedua Putrinya Tak Pernah BertengkarReza Artamevia bersama Zahwa dan Aaliyah Massaid/ Foto: Instagram
Wah, hebat ya Zahwa dan Aaliyah tak pernah bertengkar. Jika Reza tidak sigap dengan masalah yang dialami putrinya, Zahwa dan Aaliyah bisa saja mengalami sibling rivalry, terlebih keduanya perempuan.

Menurut psikolog Aurora Lumban Toruan, sibling rivalry bisa berlangsung sampai anak dewasa kalau orang tua terus-menerus tidak menerapkan struktur yang jelas, mulai dari kegiatan rutin yang dibentuk dalam keseharian, dan ketiadaan aturan yang jelas.

"Termasuk juga ekspektasi dari perilaku seperti apa yang bisa diterima, juga konsekuensi dari sikap melawan atau melanggar aturan yang diterapkan yang enggak jelas," tutur Aurora.


Selain itu, Bun, kita juga perlu menerapkan hierarki yang jelas di antara anak-anak. Misalnya nih berkaitan dengan perbedaan usia dan kematangan mereka masing-masing. Jadi anak perlu memahami bahwa semakin mereka dewasa atau semakin besar, maka akan ada benefit atau kepercayaan lebih yang mereka dapatkan.

"Jadi bukan berarti siapapun harus sama. Waktu tidur yang kecil dan besar sama saja, juga jumlah uang saku atau kepercayaan lain yang sama saja antara anak yang lebih besar dan kecil," lanjut Aurora mencontohkan.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi