parenting

Cerita Dul Jaelani Sebut Baby Sitter-nya Sebagai Ibu Kedua

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 26 Jun 2019 16:59 WIB
Cerita Dul Jaelani Sebut Baby Sitter-nya Sebagai Ibu Kedua
Jakarta - Ada cerita dari anak bungsu Maia Estianty dan Ahmad Dhani, Dul Jaelani. Dia punya ibu kedua, namun bukan Mulan Jameela. Lantas, siapa ibu kedua bungsu dari tiga bersaudara ini?

Dalam tayangan Okay Bos Trans 7, Dul bercerita jika ayah keduanya adalah Irwan Mussry dan secara hukum, ibu keduanya adalah Mulan. Namun, secara ikatan batin ada ibu kedua yang tak lain baby sitter Dul yang bernama Wasti.




Sebelum Dul lahir, Dhani sudah mempekerjakan Wasti untuk mengasuh Dul. Sampai sekarang pun Dul masih diasuh oleh Wasti lho, Bun.

"Secara ikatan batiniah Mbak Wasti bisa dibilang ibu kedua. Sampai sekarang masih sama aku. Kalau sama tante Mulan frekuensi ketemu secara fisik kan jarang . Ikatan batiniiah dan lebih sering ketemu sama Mbak Wasti yang mengurus aku dari sebelum lahir sampai sekarang," kata Dul.

Perlakuan Wasti pada Dul pun sudah seperti pada anak sendiri, Bun. Bila Dul enggak salat, salat Jumat, atau puasa, Wasti tak segan memarahi Dul. Maka dari itu, Dul menganggap Wasti sebagai ibu keduanya.

"Mbak Wasti, terima kasih sudah dengan iklahs dan tulus mengasuh aku dari sebelum lahir sampai dewasa. Terima kasih atas kesabarannya. Maaf kalau masih nakal. Semoga Mbak Wasti masih ikut sama aku sampai aku nikah," kata Dul menyampaikan pesannya pada sang baby sitter.

Ketika ibu bekerja dan diasuh oleh baby sitter, wajar jika dia punya kedekatan khusus dengan si baby sitter. Disampaikan psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, justru bagus ketika anak punya figure attachment atau sosok yang dekat dengan dia.

Cerita Dul Jaelani Sebut Baby Sitter-nya Sebagai Ibu KeduaFoto: instagram @duljaelani


Dengan begitu, anak merasa aman karena dia punya orang yang bisa melindunginya. Tapi, Ratih mengingatkan jangan sampai kehadiran baby sitter menggantikan peran ibu sebagai primary caregiver.

"Artinya, anak dekat dengan baby sitter, tapi ketika ada ibunya, anak lebih memilih ibunya. Soalnya, ibu memang yang harus jadi primary caregiver dan ketika ibu enggak ada barulah anak bersama secondary caregiver-nya yaitu baby sitter atau si mbak," papar Ratih yang berpraktik di RaQQi Human Development and Learning Centre.

Simak juga cerita Dul tentang albumnya di video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi