sign up SIGN UP search


parenting

Operasi Caesar Berdampak pada Sistem Kekebalan Tubuh Anak? Ini Penjelasan Pakar

Annisa Karnesyia Sabtu, 30 Oct 2021 19:00 WIB
bayi baru lahir caption
Jakarta -

Operasi caesar merupakan metode kelahiran bayi yang dilakukan dengan tindakan sayatan di perut ibu. Metode melahirkan dapat dilakukan atas pilihan sendiri atau karena kondisi medis Bunda dan janin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa 1 dari 5 wanita di seluruh dunia melahirkan secara caesar. Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)2018, ada 17,6 persen wanita yang melahirkan dengan operasi caesar di Indonesia.

"WHO menyebut, meskipun prosedur caesar cukup aman, namun angka caesar lebih dari 10 sampai 15 persen tidak memberikan luaran atau neonatal yang lebih baik," kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Konsultan Fetomaternal, Dr. dr. Rima Irwinda, SpOG(K), dalam Webinar Bicara Gizi: Rencanakan Persalinan secara Matang dengan Tes Potensi Caesar, via Zoom, Rabu (27/10/21).


Prosedur melahirkan dengan operasi caesar juga bisa memengaruhi kondisi janin lho, Bunda. Menurut Rima, bayi yang lahir dengan operasi caesar bisa mengalami risiko asma, berat badan berlebih, hingga obesitas.

Banner Cara Atasi WC mampetFoto: HaiBunda/Mia

Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh atau imunitas anak juga bisa terdampak karena metode melahirkan caesar. Menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imuologi, dr. Molly Dumakuri Oktarina, Sp.A(K), operasi caesar bisa mengganggu kolonisasi mikrobiota di usus bayi baru lahir.

"Pengaruh operasi caesar pada sistem imun adalah mengganggu kolonisasi mikrobiota usus, mengubah regulasi ekspresi gen melalui metilasi DNA, dan tidak adanya respons stres sebelum lahir menyebabkan kegagalan aktivasi imun," ujar Molly.

Perbedaan mikrobiota pada proses persalinan

Pengenalan mikrobiota baik dimulai saat proses melahirkan. Berikut perbedaan terkait pengenalan mikrobiota pada persalinan normal dan caesar serta dampaknya untuk bayi:

1. Persalinan normal

Pada persalinan ini, janin akan dilahirkan melalui jalan lahir yang normal. Terjadi pengenalan mikrobiota baik yang didominasi oleh Lactobacillus.

Pengenalan mikrobiota usus terjadi secara normal, sehingga bermanfaat untuk janin. Pada persalinan normal, perkembangan sistem imun bayi yang lahir juga akan normal karena produksi sitokin yang baik.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga manfaat skin to skin untuk bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
DAMPAK MELAHIRKAN CAESAR PADA MIKROBIOTA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!