parenting

Ramuan Teh Herbal untuk Bantu Turunkan Demam Anak

Melly Febrida Senin, 08 Jul 2019 12:08 WIB
Ramuan Teh Herbal untuk Bantu Turunkan Demam Anak
Jakarta - Kalau anak demam bingung ya, Bun. Untuk anak di atas lima tahun enggak ada salahnya Bunda memberi mereka ramuan teh herba guna membantu meredakan demamnya.

Medical Herbalis Paula Grainger dan Nutrisionis Karen Sullivan dalam buku berjudul Infuse: Herbal Teas to Cleanse, Nourish, and Heal menuliskan teh yang menggunakan daun catmint kering dan bunga linden kering secara perlahan bisa membantu meredakan demam. Sedangkan peppermint dan chamomile dalam bisa menenangkan dan membuat si kecil relaks.




"Liquorice adalah antivirus dan mencampurnya dengan madu membuat teh menjadi manis sehingga menarik bagi anak meski dia rewel. Hindari minum teh ini jika Anda memiliki tekanan darah tinggi," kata Grainger dan Sullivan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk satu cangkir teh herba kni adalah:

1 sendok teh daun catmint kering
1 sendok teh bunga chamomile kering
Setengah sendok teh bunga linden kering
Setengah sendok teh peppermint kering
Setengah sendok teh potongan akar liquorice kering
Setengah hingga 1 sendok teh madu

Untuk membuatnya, masukkan semua bahan ke dalam teko. Tuang 200 ml air mendidih ke dalamnya, lalu tutup dan biarkan selama 10 menit. Kemudian, saring teh. Setelah itu, masukkan madu dan aduk.

Infografis anak demamInfografis anak demam/ Foto: Infografis
"Semua bahan-bahan herba ini umumnya bisa diperoleh di toko yang menjual herba. Entah itu toko offline maupun online," kata Sullivan.

Dia menambahkan, herba kering bisa digunakan untuk jangka waktu lama jika disimpan dengan benar. Apabila diletakkan di wadah dengan kondisi hangat dan di bawah cahaya yang terang, sifat dan rasa bahan obat bisa hilang.

"Pilih bahan-bahan herba yang segar. Herba harus memiliki aroma yang segar dan menyengat, bukan apek. Bunga dan daun berkualitas baik warna biji dan akarnya tak pudar dan kulitnya keras," kata Sullivan.



Tentang si kecil yang minum teh, sebenarnya ada manfaat yang bisa didapat anak lho. Dilansir Female First, ahli gizi dr.Carrie Ruxton menyimpulkan dua cangkir teh setiap hari aman dikonsumsi oleh anak-anak. Sementara itu, anak-anak usia sekolah dapat mengonsumsi hingga tiga cangkir teh per hari.

"Kafein yang terkandung dalam teh bisa membantu meningkatkan kondisi mental anak, dalam hal ini perhatian mereka pada sesuatu," ujar Ruxton.

Simak juga manfaat teh untuk ibu hamil di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi