parenting

Bunda, Kenali Penyebab Demam Anak Naik Turun

Asri Ediyati Rabu, 14 Aug 2019 11:33 WIB
Bunda, Kenali Penyebab Demam Anak Naik Turun
Jakarta - Sebelum tahu penyebab demam pada anak naik turun. Bunda perlu tahu, kalau suhu tubuh saat anak sehat pun bisa berubah-ubah seiring dengan aktivitas yang dilakukan. Dilansir laman resmi C.S. Mott Children Hospital, suhu rata-rata tubuh normal jika diukur melalui oral yaitu 37 derajat Celsius. Biasanya suhu tubuh naik dari 36,3 derajat Celsius di pagi hari menjadi 37,6 derajat Celsius di siang hari.

Tiap anak pun memiliki suhu tubuh normal yang berbeda. Kenaikan ringan menjadi 38 derajat Celsius disebabkan karena olahraga, memakai pakaian terlalu tebal, mandi air hangat, atau bermain di luar saat cuaca sedang terik.

Kalau demam beda kasusnya, Bun, anak bisa dikatakan demam jika suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat Celsius. Demam sendiri merupakan mekanisme pertahanan tubuh melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Demam bukan suatu penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit.
ilustrasi anak demam/ ilustrasi anak demam/ / Foto: iStock

dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA memberikan analogi, kuman ibarat kita yang berada di sebuah ruang. Jika di dalam ruang tersebut panas maka kita akan berusaha untuk keluar. Begitu pula dengan kuman, panas yang dihasilkan tubuh akan menghambatnya melakukan infeksi.

Lantas apa penyebab demam anak naik turun? Menurut Edi, demam secara umum akan menetap selama perjalanan penyakit berlangsung. Namun, jika demam naik turun bisa jadi karena diberikan obat penurun panas, lalu tubuh kembali menaikkan suhu.


"Demam itu secara umum akan menetap selama perjalanan penyakitnya berlangsung. Kalau sampai turun itu pasti setelah diberi obat penurun panas, tapi habis itu naik lagi (suhu tubuhnya)" kata Edi kepada HaiBunda.

Tujuan obat penurun panas itu diberikan dengan tujuan menyamankan anak, bukan menyembuhkan si penyakit. Selama tidak ada tanda lainnya, demam sebaiknya dipertahankan supaya anak sembuh betul dari penyakitnya.

"Tapi di lain pihak ada juga penyakit yang memang mempunyai pola demamnya naik turun seperti tifoid atau malaria," ujar Edi.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai demam tifoid, Bunda bisa simak langsung lewat video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi