parenting

Anak Demam, Kapan Harus Diberi Obat Penurun Panas?

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 25 Jul 2019 11:32 WIB
Anak Demam, Kapan Harus Diberi Obat Penurun Panas?
Jakarta - Saat anak demam, biasanya Bunda langsung memberinya obat penurun demam. Tapi, sejatinya kapan sih anak demam harus diberi obat penurun demam?

Kata dr.Herlina Sp.A, bila demamnya subfebris, di atas 35,5 Celsius tapi masih di bawah 38 Celcius, perlu dilihat apakah anak ada riwayat kejang demam, Bun. Kemudian, perhatikan lagi apakah demamnya sama sekali enggak turun.

"Kondisi begitu berarti komoleks jadi kita lebih agresif lagi. Belum demam udah kasih aja," kata wanita yang kerap disapa Lina ini saat berbincang dengan HaiBunda.


Tapi, jika enggak ada riwayat kejang demam, obat diberi saat demam anak mencapai 38 Celcius. Frekuensi pemberian obat per empat jam. Kenapa sih, Dok, harus dalam rentang empat jam?

"Kan parasetamol sering dipakai sebagai penurun panas. Range keamanannya luas. Cuma, ada dosis tertentu sekian miligram pada anak dan dewasa, kalau dihitung secara kasar intervalnya seperti ini lho," tambah Lina yang praktik di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Nah, untuk dosis pemberian obat penurun demam enggak selalu berdasarkan usia, Bun. Melainkan dosis dihitung berdasarkan berat dan tinggi badan anak.

ilustrasi anak demamilustrasi anak demam/ Foto: iStock
"Kalau ngasih obat yang dijual di pasaran, 3 hari pertama boleh pakai dosis sesuai anjuran di kemasan. Kalau demamnya lebih dari 3 hari harus ke dokter, nanti disesuaikan dengan berat dan tinggi badan anak," pungkas Lina.

Ada resep kiwi sticky rice yang bisa bantu tangkal demam nih. Simak di video berikut ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi