parenting

Manfaat Saling Memaafkan Seperti Dewi Perssik dengan Keponakan

Asri Ediyati Rabu, 17 Jul 2019 16:28 WIB
Manfaat Saling Memaafkan Seperti Dewi Perssik dengan Keponakan
Jakarta - Dewi Perssik dan keponakannya, Rosa Meldianti akhirnya sepakat berdamai setelah berseteru. Dikutip dari InsertLive, perdamaian tante dan keponakan itu berlangsung pada Selasa, (16/7/2019) kemarin. Dewi Perssik dan Meldi sama-sama menangis haru di momen tersebut.

Rupanya, perdamaian Dewi Perssik dan Meldi untuk menjalankan amanah dari mendiang ayah Dewi Perssik, Mochammad Aidil. Hal ini diceritakan Dewi Perssik melalui pesan harunya di akun Instagram. Ia mengaku lega sudah menjalankan amanah dengan baik.

"Aku sudah menjalankan amanahmu sayang... tersenyumlah... semoga Allah memberikan tempat yg mulia di sisiNYA...," tulis Depe.

Dewi Perssik dan Meldi juga akan mencabut laporan mereka masing-masing di polisi hari ini, Rabu (17/7/2019). Semoga seterusnya bisa berdamai dan selalu menjaga silaturahim ya.


Berkaca dari kasus tersebut, meminta maaf merupakan respons yang seharusnya dilakukan seseorang saat melakukan kesalahan. Itu sebabnya, sikap meminta maaf sudah harus dibiasakan sejak anak-anak ya, Bun.
Dewi Perssik dan keponakannya/ Dewi Perssik dan keponakannya/ / Foto: (dok. admin taante rempong)
Studi yang dilakukan University of Virginia di AS memaparkan, anak-anak yang mendapat permintaan maaf dari orang yang melakukan kesalahan pada mereka, di kemudian hari akan membuat mereka bisa berbagi lagi dengan orang-orang tersebut.

"Permintaan maaf bisa memperbaiki hubungan meskipun tidak mengurangi sakit hati mereka," kata salah satu peneliti, Marissa Drell, dikutip dari detikcom.

Selain itu, saat anak-anak terbiasa untuk minta maaf atas kesalahan yang dilakukan, mereka pun akan belajar memaafkan kesalahan orang lain. Apalagi jika anak-anak mendengar komitmen ataupun tindakan nyata orang yang berbuat salah lalu memperbaiki keadaan, maka anak-anak akan jauh merasa lebih baik.

"Meskipun permintaan maaf tidak membuat anak-anak merasa lebih baik, namun itu membantu mereka untuk belajar memaafkan," kata Drell.

Ia menambahkan, meminta maaf juga mengajari anak untuk berprilaku baik dan saling menghargai. Penting juga digarisbawahi bahwa permintaan maaf bukanlah sekadar kata, tapi benar-benar tulus dari hati. Sehingga, kesalahan yang sama tidak akan diulangi dan anak akan membantu mengatasi kesalahan yang telah diperbuatnya.

Tonton juga tentang perdamaian Dewi Perssik dan Meldi di video berikut.

[Gambas:Video 20detik]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi