parenting

Pertolongan Pertama Anak Demam

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 24 Jul 2019 11:35 WIB
Pertolongan Pertama Anak Demam
Jakarta - Anak demam memang bisa bikin khawatir. Ya, ketika suhu tubuh si kecil di atas 38 derajat Celcius diukur dengan termometer aksila, Bunda bukan enggak mungkin panik dibuatnya.

Lantas, ketika anak demam, apa pertolongan pertama yang bisa diberikan? Kata dr.Herlina SpA dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, bila demam anak sudah di atas 38 Celcius, beri dia obat penurun demam. Lalu, gimana dengan kompres?




"Kalau suhu sudah di atas 38 Celcius enggak bisa dikompres. Harus masuk obat. Kompres saya biasanya nyaranin kalau suhunya 37,5 Celcius lebih tapi masih di bawah 38 Celcius. Kondisinya namanya sumeng atau subfebris," kata wanita yang akrab disapa Lina ini saat berbincang dengan HaiBunda.

Nah cara mengompres yang benar yaitu pakai air hangat, Bun. Sebab, kalau pakai air dingin akan berpengaruh pada regulator suhu di tubuh. Dijelaskan Lina, jika tubuh panas dikompres dingin, respons yang terjadi adalah tubuh diperintahkan untuk menaikkan suhu karena kompres yang diberi terlalu dingin.

"Jadi tubuh akan kasih sensor ini terlalu rendah suhunya, yang ada anak menggigil, temperaturnya naik lagi," ujar Lina.

Untuk area yang dikompres, boleh di dahi seperti yang biasa dilakukan para ibu. Tapi, jangan lupa juga jika Bunda bisa mengompres anak di bagian lipatan misalnya di selangkangan, lipatan paha, atau perut.

Hanya saja, Lina mengingatkan anak bisa jadi enggak nyaman ketika tubuhnya terlalu banyak dikompres. Jangan lupa, ganti air kompresan jika sudah tidak hangat. Hmm, kalau memakai kompres penurun demam instan gimana, Dok?



"Enggak terlalu efektif ya. Itu kan modelnya kayak gel gitu. Nantu bisa aja akan menahan panas," pungkas Lina.

Bunda, yuk kenali apa itu demam tifoid di video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi