parenting

Kondisi Anak yang Perlu Diberi Obat Penurun Demam dari Dubur

Radian Nyi Sukmasari Senin, 29 Jul 2019 11:11 WIB
Kondisi Anak yang Perlu Diberi Obat Penurun Demam dari Dubur
Jakarta - Saat anak demam, obat penurun panas jadi andalan. Nah, ada pula obat penurun demam yang dimasukkan lewat anus. Di keseharian, dalam kondisi apa anak perlu diberi obat penurun demam dari dubur?

"Lihat ada riwayat kejang demam enggak. Dan kalau suhu tubuh 39 Celcius, udah diberi obat oral enggak turun-turun, itu boleh pakai obat penurun demam yang dimasukkan lewat anus," kata dr.Herlina Sp.A dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan saat berbincang dengan HaiBunda.




Tapi, jika anak enggak memiliki riwayat kejang demam, dan toleransi terhadap obat minum masih bagus, obat penurun demam oral lebih diutamakan. Sebab, kata wanita yang kerap disapa Lina ini pemberian obat lewat dubur bisa bikin anak trauma.

"Kalau reaksi memang lebih cepat lewat dubur, karena obatnya langsung melewati pembuluh darah rektal. Kalau obat oral kan lewat metabolisme hati, melewati lambung, terus kita makan apa bisa aja menghambat penyerapan obatnya," papar Lina.

Obat penurun demam lewat anus kata Lina semestinya harus dengan resep dokter alias enggak boleh dijual bebas. Menurut pengalaman Lina, ada pula anak yang enggak pernah suka minum obat. Ya, ketika diberi obat apapun melalui oral dia akan muntah.

"Ini bisa terjadi, bahkan saat anaknya masih bayi. Mungkin dia terlalu sensitif sama rasa obat. Jadi demam dikit kalau enggak diberi obat lewat anus ya dirawat, diberi obat lewat intravena," kata Lina.

Dia menambahkan, bahkan kondisi ini bisa terjadi ketika anak berusia di bawah 6 bulan di mana tertutup sekali kemungkinan si kecil berbohong atau mengada-ada kan, Bun? "Biasanya kalau kayak gitu dokter spesialis anaknya yang megang si bayi dari awal udah biasa," pungkas Lina.

Ilustrasi obat penurun demam dari duburIlustrasi obat penurun demam dari dubur/ Foto: iStock
Bunda, kenali juga apa itu demam tifoid di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi