parenting

Kapan Anak yang Demam Perlu Dibawa ke Dokter?

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 26 Jul 2019 11:39 WIB
Kapan Anak yang Demam Perlu Dibawa ke Dokter?
Jakarta - Ketika suhu tubuh anak mencapai 38 derajat Celsius, dia bisa disebut demam. Pertolongan pertamanya, Bunda bisa memberi si kecil obat penurun panas. Jika demam anak cenderung naik-turun dan tak hilang selama tiga hari, bawa anak ke dokter.

Dikatakan dr.Herlina, Sp.A., dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, ada dua kategori kapan anak harus dibawa ke dokter. Pertama, kapan anak dibawa ke dokter bila dia demam dan kedua, kapan sesegera mungkin anak harus dibawa ke dokter bila demam.


"Kalau kapan anak dibawa ke dokter saat demam, pertama kalau di anak usianya di bawah tiga bulan. Kedua, di atas usia 3 bulan sampai 3 tahun tapi demam sampai 3 hari menetap," kata wanita yang akrab disapa Lina ini.

Ketiga, bila anak usia 3 bulan sampai 3 tahun demam dengan suhu di atas 39 derajat Celsius. Atau, anak di semua usia dengan demam di atas 40 derajat Celsius.


"Kapan anak harus segera dibawa ke dokter ketika dia demam? Kalau anaknya jadi banyak tidur pas demam. Jadi kesadarannya terpengaruh, terus jadi enggak aktif, padahal tadinya aktif jadi enggak aktif. Malah banyak tidur," papar Lina.

ilustrasi anak demamilustrasi anak demam/ Foto: iStock
Dia menambahkan, jika si kecil berusia di bawah 2 tahun, raba ubun-ubunnya, Bun. Apakah ada semacam benjolan atau tidak. Kenapa memangnya, Dok?

"Kalau ada benjolan, bisa jadi itu tanda bahaya demam. Demam ke arah infeksi seperti meningitis," ujar Lina.


Saat anak demam, Bunda bisa memberinya obat penurun panas dengan frekuensi pemberian obat per empat jam. Jika menggunakan obat penurun demam yang dijual di pasaran, sesuaikan dosis pemberian dengan usia sesuai anjuran pada kemasan. Tapi, jika demam si kecil tak kunjung hilang setelah tiga hari atau naik-turun, bawa anak konsultasi ke dokter ya, Bun.

Bunda, simak juga tips memandikan bayi, dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi