parenting

Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Bahaya Polusi

Yuni Ayu Amida Selasa, 06 Aug 2019 11:01 WIB
Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Bahaya Polusi
Jakarta - Memiliki tiga orang anak bukanlah perkara mudah, apalagi jika mereka terserang sakit di waktu bersamaan. Seperti dialami artis Natasha Rizky. Polusi udara yang kian tercemar membuat anak-anaknya jadi mudah sakit.

Sebagai ibu, tentunya istri Desta ini berusaha untuk melindungi keluarganya dari bahaya polusi. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan membiasakan pakai masker.

"Anak itu kalau udah sakit, bukan cuma aku sama suami aja yang pakai masker, orang yang datang, bahkan mbak (asisten) pun, harus pakai masker," terang Natasha, dalam acara Nexcare di Jakarta, baru-baru ini.




Diakuinya, meskipun terkadang pandangan orang menganggapnya berlebihan, tapi dia melakukan ini demi kebaikan keluarganya. Selain membiasakan penggunaan masker, menghindari asap rokok di rumah juga penting.

"Untungnya di rumah enggak ada yang merokok. Kalaupun Desta merokok, itu pasti di luar kalau lagi kerja, jadi di rumah enggak pernah merokok," ujar wanita 25 tahun ini.

Natasha dan Desta juga membiasakan setiap pulang ke rumah langsung ganti baju dan bersih-bersih. Tak ada ceritanya, baru pulang langsung tiduran di tempat tidur apalagi memeluk anak. Ya, hal itu sangat mereka hindari.

"Terus sekarang ada diffuser ya, jadi itu pengaruh banget, sesuai kebutuhan anak tuh, kalau lagi sakit, batuk, pilek, kan sekarang udah sesuai tuh oil-oilnya. Kita pakai itu, kita hidupkan dari sore sampai malam. Jadi, gimana caranya supaya anak menghirup udara yang segar," terang wanita berhijab ini.

Cara Natasha Rizky Lindungi Keluarga dari Bahaya PolusiFoto: instagram

Selain itu, dia juga rutin membersihkan tempat tidur minimal sebulan dua kali, membersihkan AC seminggu dua kali, serta rutin mengganti seprei tempat tidur.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan divisi Paru Kerja dan Lingkungan, Departemen Pulmonologi FKUI Dr. dr.Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), mengatakan, polusi udara yang terhirup ke paru dan berlangsung terus menerus bisa sangat membahayakan. Dampak yang sering terjadi adalah timbulnya iritasi saluran pernapasan. Dampak jangka panjangnya bahkan bisa menyebabkan kanker.

"Karena dalam polutan mengandung bahan yang bersifat karsinogen. Jadi merangsang timbulnya kanker, jantung, dan stroke," papar Agus.

Itu sebabnya, Agus menyarankan, sejak dini kita awas terhadap polusi. Beberapa cara mengurangi agar tak semakin banyak polutan di antaranya, jangan menambah sumber polutan seperti merokok ataupun sering menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, lindungi diri dengan rutin menggunakan masker.

"Pakai masker sebagai alat pelindung diri, masker yang bisa memfiltrasi polutan, lalu harus tetap jaga kebugaran tubuh, kesehatan diri," tuturnya.

Simak pula video soal bahaya polusi udara ini, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi