parenting

Cara Cerdas Natasha Rizky Atasi Anak Saat Mengalami Alergi

Asri Ediyati Kamis, 11 Apr 2019 19:30 WIB
Cara Cerdas Natasha Rizky Atasi Anak Saat Mengalami Alergi
Jakarta - Saat anak menunjukkan gejala alergi, apalagi untuk yang pertama kali, pasti paniknya bukan main. Berbicara soal alergi pada anak, selebriti sekaligus ibu dari tiga anak, Natasha Rizky juga memiliki pengalaman serupa. Anak keduanya, Miskha Arrawfa Najma, mengalami alergi pada susu sapi.

"Iya yang kedua alergi, waktu itu Miskha di usia satu tahun alergi susu sapi. Begitu dua sampai tiga kali (menunjukkan gejala) enggak bisa santai. Soalnya udah muncul bintik merah, diare. Lalu, aku pikir memang kayaknya anak aku alergi," ujar Aca, sapaan akrabnya, di acara Media Gathering Sari Husada 'Bunda Tanggap Alergi', di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).


Sebelum dibawa untuk konsultasi ke dokter, Aca menanyakan tentang alergi dengan orang-orang terdekat, browsing di internet. Takut berasumsi yang aneh-aneh, ia juga diberi saran oleh suaminya untuk membawa Miskha ke dokter.


"Begitu ditangani ternyata benar Miskha alergi susu sapi. Kemudian, untuk pengganti proteinnya aku cari tahu apa nih sumber protein selain susu sapi. Akhirnya alternatif pakai susu soya," kata Aca.

Cara Cerdas Natasha Rizky Atasi Anak Saat Mengalami AlergiFoto: Instagram @natasharizky
Jika Bunda mengalami hal yang serupa, Aca berpesan untuk jangan panik, jangan khawatir karena pasti ada solusinya. Aca menyarankan untuk melakukan gerakan 3K yaitu kenali, konsultasikan, dan kendalikan. Aca juga berpesan untuk jangan takut sendiri karena pasti ada pihak keluarga terutama suami yang akan membantu.

Menanggapi hal yang dilakukan Aca, Prof.Dr.dr.Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M.Kes, langkah yang diambil sudah tepat. Memang, untuk menangangi alergi pada anak, orang tua harus mengenali gejalanya lebih dulu.


"Orang tua perlu tahu gejala alergi datang dari tiga tempat, kulit, saluran napas, dan cerna. Salah satu gejala, diare, gumoh. Tapi sebelumnya kenali faktor risiko alergi dari riwayat orang tua. Kalau orang tuanya sama-sama punya alergi dan gejalanya sama berarti kemungkinannya 80 persen anak kena alergi," ungkapnya.

Kemudian, konsultasikan ke dokter untuk memastikan kembali apakah itu alergi atau bukan. Terakhir, jika memang anak mengalami alergi, orang tua perlu kendalikan karena alergi tak akan bisa sembuh seumur hidup. Dikendalikan misalnya seperti yang dilakukan Aca tadi, Bun, mengganti susu sapi dengan susu soya yang kadar proteinnya enggak kalah jauh.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi