parenting

Cara Membuat Anak Bisa Hafal Niat Salat Idul Adha dengan Mudah

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 10 Aug 2019 11:02 WIB
Cara Membuat Anak Bisa Hafal Niat Salat Idul Adha dengan Mudah
Jakarta - Mengajak si kecil beribadah bisa dilakukan dengan berbagi cara. Salah satunya menuntun mereka untuk ikut menunaikan salat ied pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Lalu, pada usia berapakah anak-anak sudah bisa diajak ke salat ied? Menurut psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo dari Tiga Generasi, Bunda harus mempertimbangkan kenyamanan anak-anak saat diajak salat ied. Sebab, ibadah yang satu ini biasanya berlangsung lama karena disertai dengan ceramah, Bun.

"Karena itu orang tua sebaiknya mempertimbangkan hal ini, selain ada kemungkinan membuat anak tidak nyaman dan juga mengganggu orang lain. Pengalaman ibadah yang menyenangkan bagi anak akan membentuk sikap positif anak terhadap momen ibadah tersebut dan begitu pula sebaliknya," ujar Vera pada HaiBunda.


Sebelum hari H tiba, Bunda juga perlu mengajarkan si kecil niat salat Idul Adha. Sehingga mereka dapat mempelajarinya sejak kecil. Seperti yang kita tahu ya, Bun, niat merupakan sesuatu yang sangat penting dalam beribadah. Bisa-bisa, ibadah enggak akan sah kalau tidak disertai dengan niat.

Cara Membuat Anak Bisa Hafal Niat Salat Idul Adha dengan MudahCara Membuat anak mudah menghafal niat salat ied/Foto: iStock

Melansir laman NU Online, berikut niat salat Idul Adha yang bisa diajarkan pada anak-anak. Ada yang versi pendek dan ada pula yang lebih lengkap nih, Bun.

Untuk diajarkan pada anak-anak, Bunda bisa mengajarkan niat salat Idul Adha versi yang lebih pendek seperti berikut. "Ushalli rak'ataini sunnata-li 'idil adl-ha (ma'muman/imaman) lillahi ta'ala."

Artinya, "Aku niat melaksanakan salat sunah Idul Adha (sebagai makmum/imam) karena Allah Ta'ala."

Sedangkan versi yang lebih panjang dan lengkap, berikut bacaannya. "Ushalli sunnata-li 'idil adl-ha rak'ataini mustaqbilal qiblati (ma'muman/imaman) lillahi ta'ala."

Artinya, "Aku niat melaksanakan salat sunah Idul Adha dua rakaat, menghadap kiblat (sebagai makmum/imam) karena Allah Ta'ala."

Bunda, simak juga yuk memasak olahan daging kurban yang enak seperti dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi