moms-life

Keutamaan Amalan yang Dilakukan di 10 Hari Pertama Zulhijah

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 07 Aug 2019 12:04 WIB
Keutamaan Amalan yang Dilakukan di 10 Hari Pertama Zulhijah
Jakarta - Bulan Zulhijah menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak umat Muslim. Selain menunaikan ibadah haji dan merayakan Hari Raya Idul Adha, ada banyak keistimewaan di 10 hari pertama bulan Zulhijah.

Bagi umat yang belum bisa berangkat ke Tanah Suci, enggak perlu berkecil hati. Bunda dan keluarga bisa juga memperbanyak pahala dengan berbagai amalan di awal bulan Zulhijah. Ya, Bun, ada banyak keutamaan di 10 hari pertama bulan ini.

"Keutamaan amalan di 10 hari pertama bulan Zulhijah, tanggal 1-10. Saudara kita berhaji, kita di sini diberikan kesempatan untuk melakukan amal saleh yang dinaikkan derajatnya jadi dicintai oleh Allah," terang Ustaz Adi Hidayat Lc, MA dikutip dari chanel Youtube Ceramah Pendek.


Orang-orang yang ibadahnya dicintai Allah memiliki keistimewaan tersendiri lho, Bun. Masih menurut Ustaz Adi, bukan hanya urusan dunia ganjarannya. Melainkan diampunkan semua dosa-dosanya. Masyallah, luar biasa sekali nilainya!

Nah, untuk itulah Ustaz Adi menekankan agar para umat Muslim menjalankan ibadah sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Hal terpenting, menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh dan sesuai syariat Islam.

Keutamaan Amalan yang Dilakukan di 10 Hari Pertama ZulhijahAmalan di 10 hari pertama Zulhijah/Foto: iStock

"Apa istimewanya amalan yang dicintai Allah, seperti tertuang dalam QS:3 yaitu Ali Imran ayat 31. Seperti misalnya barusan salat subuh berjamaah, sudah sama belum salatnya seperti cara nabi? Jangan salah siapa tahu salat kita enggak pernah ada dalam tuntunan nabi," ungkap Ustaz Adi menambahkan dilansir Youtube Haziq Chanel.

"Secara rukun dan syarat itu sah. Tapi kalau belum sesuai dengan tuntunan nabi belum tentu dicintai Allah," tambahnya.

Lebih lanjut Ustaz Adi menyarankan untuk melakukan beberapa amal saleh nih, Bun. Di antaranya amalan-amalan saleh yang bersifat luas tanpa ada batasan. Contohnya, dalam segala kondisi sebisa mungkin untuk memuji Allah SWT.

Selain itu, beberapa amalan yang bisa dikerjakan antara lain bersedekah, memperbanyak salat sunah, membaca Alquran, dan saling berbuat baik dengan tujuan agar tidak mengerjakan amal saleh sendirian.

"Ada amalan saleh yang diistimewakan sampai disampaikan istri-istri nabi SAW yaitu kebiasaan Rasulullah SAW, beliau memperbanyak puasa di sembilan hari pertama Zulhijah," lanjutnya.

Mengapa puasa lebih istimewa dibanding amalan lainnya? Sebab, menurut penjelasan Ustaz Adi, puasa dapat menghimpun amalan-amalan lainnya. Misalnya, ketika puasa bisa melakukan amalan saleh seperti infak, salat, dan membaca Alquran.

Enggak cuma itu, saat puasa orang-orang cenderung menahan diri untuk melakukan dosa. Misalnya takut berbohong dan takut berbuat jahat, yang akan membatalkan puasanya.



Sedangkan, menurut ulasan NU Online, para umat Muslim disarankan untuk memperbanyak zikir di 10 hari pertama Zulhijah. Amalan yang satu ini ditegaskan akan lebih bagus lagi pada hari Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Zulhijah, Bun.

Semoga bermanfaat ya!

Siapkan juga yuk, hidangan untuk Hari Raya Idul Adha di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi