parenting

Cara Membuat Anak Mau Belajar Puasa Sunah

Ratih Wulan Pinandu Jumat, 09 Aug 2019 11:59 WIB
Cara Membuat Anak Mau Belajar Puasa Sunah
Jakarta - Tahun ini anak-anak sudah mulai latihan puasa, Bun? Kalau pada dua bulan lalu berhasil mengajak si kecil puasa Ramadhan, enggak ada salahnya kali ini memperkenalkan puasa Arafah ke mereka.

Ya, sehari jelang perayaan Hari Raya Idul Adha, umat Muslim memang disarankan untuk menjalankan puasa Arafah, tepat pada tanggal 9 Zulhijah. Melansir laman NU Online, puasa Arafah ini memiliki keutamaan yang begitu besar.

Menurut hadis yang diriwayatkan HR Muslim, puasa ini masuk ke dalam sunah muakkad. Sedangkan menurut penjelasan Ustaz Adi Hidayat Lc, MA puasa memiliki keistimewaan tersendiri, Bun.


"Bisa menggugurkan dosa setahun yang lalu plus menjaga untuk tidak melakukan dosa setahun yang akan datang. Lumayan, puasa sehari diampuni dosa setahun," ungkap Ustaz Adi dikutip dari YouTube Rizqan Channel.

Cara Membuat Anak Mau Belajar Puasa Sunah (TITIP TAYANG JUMAT)Cara Membuat Anak mau belajar puasa/ Foto: iStock

Nah, agar anak-anak tergugah untuk mulai belajar harus diajarkan secara perlahan-lahan. Seperti penjelasan Ustazah Aini Aryani, LC, yang menegaskan kalau orang tua harus menjadi contoh untuk anaknya.

"Cara mengajarkan anak berpuasa pastinya harus dicontohkan oleh orang tuanya. Kalau orang tua enggak ikut puasa pasti anak enggak akan puasa. Kenapa? Karena anak itu peniru ulung. Melihat orang tuanya daripada mendengarkan," kata Aini kepada HaiBunda.

Mengajari anak puasa idealnya dimulai sejak mereka kecil, Bun. Jelaskan kepada mereka mengenai manfaat puasa dan ganjaran pahala yang akan diterima oleh orang-orang yang menunaikannya.

Misalnya, jelaskan pada anak jika hakikat puasa Arafah yang dapat menghapus doa setahun lalu. Serta menjaga mereka dari perbuatan dosa yang akan datang. Pada hakikatnya, puasa dapat menjaga seseorang untuk berbuat dosa. Seperti mencegah anak berbohong, nakal, dan tidak nurut pada orang tua.

Selain itu, beri tahu juga pada anak jika ada amalan-amalan saleh yang dicintai Allah saat dikerjakan jelang Idul Adha. Poin ini sangat penting diajarkan sejak mereka kecil, untuk menanamkan keimanan pada anak-anak.

" Terakhir ajari anak bersyukur, 'Kakak bisa bicara, lihat gara-gara Allah. Kalau Kakak mau bersyukur caranya bisa lewat ibadah, melakukan kewajiban yang diperintahkan Allah'," tambah Aini.

Terpenting jangan memaksa anak-anak untuk mau berpuasa ya, Bun! Tumbuhkan kesadaran untuk melakukannya secara ikhlas dan semampunya sesuai dengan usia masing-masing anak.

Selamat mencoba!

Simak tips membuat takjil segar untuk puasa besok yuk, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi